Wednesday, May 20, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 44)



BAB 44


Godaan Itu Datang Pada Semua Orang


KRISTUS berkata :

AnakKu, setan itu tidak pernah tidur, jika dagingmu belum mati. Hal ini berarti bahwa kamu harus selalu siap siaga untuk berjuang, karena musuhmu selalu menyerangmu dari segala penjuru, tanpa mengenal istirahat. Musuhmu selalu berlawanan dengan segala sesuatu yang bersifat baik. Dia tidak pernah lelah didalam menggodai seseorang agar berbuat dosa. Siang dan malam dia terus memasang perangkap bagimu, dengan harapan agar ada jiwa yang kurang waspada bisa terjerumus kedalamnya. Hendaklah kamu selalu waspada terhadap godaan-godaan ini. Seringlah berdoa memohon rahmat karuniaKu untuk mengatasi godaan itu.

2. Tak ada orang di dunia ini yang betul-betul aman dari godaan. Didalam dirimu sendiri kamu memiliki sumber godaan, karena kamu dilahirkan dengan kelemahan. Kelemahan dari dagingmu adalah berupa kecenderungan buta dari perasaan-perasaanmu serta nafsu-nafsu binatang untuk mencari kepuasan diri, tanpa memperdulikan penalaran serta kepandaianmu. Kelemahan jiwa adalah berupa rasa cinta diri yang tak beralasan, tanpa memperdulikan mana yang benar dan mana yang salah.

3. Jika godaan atau gangguan seseorang telah usai, maka segera datang godaan-godaan dan gangguan yang lainnya lagi. Selama kamu masih berada di dunia ini, kamu masih harus menderita, karena manusia telah kehilangan kebahagiaan asalnya, yang telah Kurencanakan untuk Kuberikan kepada mereka, termasuk saat mereka masih berada di dunia ini.


RENUNGAN :


Setiap orang tentu mengalami godaan sendiri-sendiri. Bagaimana dia bersikap terhadap godaan itu menunjukkan siapa dia sebenarnya. Jika dia berusaha sekuat tenaga untuk mengurangi kesempatan timbulnya godaan itu, maka dia adalah seorang yang bijaksana. Orang yang bodoh akan terjatuh kedalam dosa jika menghadapi godaan. Musuh terbesar manusia adalah reaksi spontannya serta ke-aku-annya yang tak bernalar. Sahabat terbesar bagi setan untuk melawan kesejahteraan diriku adalah sifat keakuanku yang bodoh dalam diriku ini. Dia bersahabat dengansifat jelekku ini dengan memberikan iming-iming sesuatu yang kelihatannya baik. Jika aku mengetahui jalan berpikir dari Allah, maka aku akan bisa mengetahui bujukan setan ini dengan segera, dan dengan bantuan Allah aku akan bisa menguasai keinginan-keinginanku yang tak masuk akal serta rasa cinta diriku yang bodoh.


DOA :

Bapaku Yang Pengasih, dan Allah Yang Maha Bijaksana, aku merindukan ketulusanMu yang suci itu dengan cara menyadari untuk apa diriku ini sebenarnya. Jangan biarkan aku menjadi buta oleh kelemahan dan kesalahanku. Aku tidak ingin mengunggulkan diriku sendiri kecuali untuk hal-hal yang mulia, yaitu aku ingin memenangkan kehidupan kekal dengan cara mengikuti perintah-perintahMu dalam hidupku sekarang ini. Aku ingin menghindari dan memusuhi apapun yang membahayakan penyelamatan abadi atas diriku. Aku ingin melaksanakan penguasaan diri serta bermati-raga agar aku bisa mengatur nafsu-nafsuku yang buta ini serta menghindari pemujaan diri yang tak masuk akal. Hanya dengan penguasaan diri semacam ini aku bisa berharap untuk mengatasi berbagai godaan, besar ataupun kecil, yang datang padaku. Amin.