Monday, May 11, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 35)





BAB 35

Bermacam-macam Kehidupan Rohani


KRISTUS berkata :

AnakKu, tidak setiap orang bisa melakukan upaya rohani dalam hidupnya. Suatu devosi tertentu bisa cocok untuk seseorang, sementara cara devosi lainnya cocok bagi orang lain pula. Pada beberapa kesempatan tertentu, perubahan upaya rohani tertentu bisa bermanfaat bagimu. Beberapa tindakan devosi bisa menyentuh seseorang pada hari-hari biasa, namun orang lain bisa tersentuh oleh devosi yang sama jika dilakukan pada hari suci tertentu. Bisa juga kamu memerlukan suatu kegiatan rohani tertentu pada saat-saat mengalami godaan dan orang lain memerlukan kegiatan yang sama pada saat-saat mengalami kedamaian batin. Seseorang akan menyenangi renungan tertentu pada saat sedih, namun pada saat senang dia lebih menyenangi renungan lainnya.

2. Keberagaman dalam hidup rohanimu akan membuat hidupmu semakin kaya dan suci. Buatlah intensi-intensi rohani yang sesuai dengan penanggalan Gereja. Rencanakan kehidupan jiwamu sedemikian hingga kamu bisa melayani Aku lebih baik lagi. Hiduplah dengan selalu memandang kearah Surga.

3. Anggaplah kematian sebagai pintu gerbang menuju Surga. Lihatlah kehidupanmu di dunia ini sebagai suatu kesempatan bagus untuk membuat persiapan yang layak bagi Surga. Jika Aku tidak memamnggilmu, ketahuilah bahwa dirimu masih belum siap untuk menerima kemuliaan yang telah dipersiapkan bagimu. Maka dari itu berusahalah untuk mempersiapkan dirimu demi imbalan Surgawi ini. Jangan lupa akan kata-kata ini :"Terberkatilah hamba yang dijumpai Allah dalam keadaan siap siaga ketika Dia datang kepadanya. Aku berkata kepadamu, Dia akan menempatkan kepada hamba itu segala milikNya !".


RENUNGAN :

Mudah sekali untuk menempatkan diri kita pada hal-hal yang rutin dan memaku diri kita disitu. Banyak orang melakukan hal demikian, melakukan hal yang sama dengan cara yang sama secara terus menerus. Keberagaman akan membuat hidup ini semakin menarik. Namun hanya sedikit sekali yang mau menerima keberagaman ini dalam hidupnya. Melalui doa, aku akan belajar berbagai cara agar aku bisa menghindari rutinitas yang bodoh. Aku bisa menirukan kehidupan para kudus dan mencari dimana aku bisa merubah kehidupan rohaniku menjadi lebih baik. Penasihat rohaniku bisa memberiku ide-ide tentang bagaimana menyegarkan semangatku akan kemuliaan Allah dan akan bantuan gagasan baik dari orang lain.


DOA :

Oh Roh Kudus, Allahku dan Yang Menyucikan jiwaku, berilah aku terang untuk bisa membuat kehidupanku semakin berbuah melalui perbuatan baikku. Jangan biarkan aku tetap tinggal didalam rutinitas dan diam disitu selamanya. Hidup ini merupakan kesempatan emas untuk melakukan hal-hal yang besar, untuk menjadi lebih menyerupai Engkau, Tuhanku, melalui kebaikan dan kasih yang kuberikan kepada orang lain. Ijinkanlah aku untuk bisa melihat lebih banyak jalan untuk meningkatkan kebaikan dalam hidupku. Berilah aku kemampuan untuk menghilangkan rasa cinta diriku, dan kemampuan untuk berbuat baik demi Engkau. Amin.