Sunday, May 17, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 41)





BAB 41

Berkat usaha Memperoleh Imbalan


KRISTUS berkata :

AnakKu, demi alasan-alasan yang tidak kamu ketahui saat ini, Aku telah membuat hidupmu berupa sebuah kerja keras serta berbagai percobaan menyertainya. Setiap kali Aku mengijinkan dirimu mengalami penderitaan sakit, sedih dan kecewa, semuanya tadi adalah demi kebaikanmu. Percobaan hidup ini akan membuatmu semakin dekat denganKu melalui satu dan lain cara. Aku membuat kehidupanmu sekarang ini sebagai suatu masa yang penuh kerja keras disertai dengan cobaan-cobaan hidup. Jangan terlalu berpikir banyak tentang kesenangan dan saat-saat beristirahat dalam hidupmu sekarang ini. Bersiaplah untuk bersikap sabar dari pada menikmati kesenangan atau penghiburan. Hendaklah kamu lebih banyak berpikir tentang bagaimana memanggul salib dari pada menghindari segala sesuatu yang tidak menyenangkan.

2. Apakah kamu ingin menikmati penghiburan batin kapanpun kau inginkan ? Bahkan para kudusKu juga tidak bisa menikmati hal itu selama hidup mereka di dunia ini. Mereka harus menghadapi berbagai bencana, godaan, penderitaan dan kesepian. Tanpa memperdulikan semua hambatan ini, mereka terus saja berpasrah diri kepadaKu. Mereka betul-betul sadar bahwa penderitaan hidup ini tidaklah seimbang dibandingkan dengan kemuliaan yang akan datang.

3. Apakah kamu tidak merasa bahwa keinginan-keinginanmu bersifat egois ? Kamu ingin cepat-cepat mendapatkan damai dan kekudusan, dimana orang lain harus bekerja mati-matian dan harus melewati berbagai cobaan untuk memperolehnya. Kamu lebih tertarik untuk menikmati karuniaKu dari pada bekerja keras untuk mendapatkannya. Tidak, kamu harus melaksanakan sesuatu menurut jalanKu jika kamu ingin hidup di jalan yang terbaik.

4. Tunggulah akan terang dan kekuatan yang Kukirimkan pada saat yang tepat. Sementara itu hendaklah kamu tetap berani dan bersabar. Jangan menyerah dalam berjuang melawan kesalahan-kesalahan dan kelemahanmu. Lakukan yang terbaik agar kamu menjadi orang seperti yang Kuinginkan. Serahkan hasil akhirnya kepadaKu. Setiap saat Aku berada didekatmu. Jangan bersifat egois dalam berusaha demi kepentinganKu. Suatu hari nanti Aku akan memberimu imbalan yang jauh lebih besar dari pada yang bisa kau bayangkan.


RENUNGAN :

Surga adalah sebuah imbalan, sesuatu yang harus dicari. Meskipun aku tidak akan bisa memperolehnya melalui usahaku sendiri, tetapi Yesus, melalui pertolonganNya, telah membuatku mampu untuk mendapatkan Surga. Dengan bantuan kekuatan rahmatNya, aku bisa mencapai Surga. Melalui usahaku yang tulus sehari-hari untuk melawan kesalahanku, dan upaya penuh percaya untuk melaksanakan Kehendak Allah dalam segala hal, aku akan bisa memperoleh imbalan mulia, yaitu Surga. Kehidupan di dunia ini penuh dengan kerja keras, cobaan-cobaan serta berbagai kesulitan. Melalui tindakan, kata-kata, pikiran dan keinginanku sehari-hari, aku akan membuktikan betapa tulusnya aku bekerja demi Surga.


DOA :

Roh Kudus, Allahku, bantulah aku untuk bisa melihat tanganMu yang menuntun pada saat-saat percobaan, dan biarlah dengan rendah hati serta setia aku mengikuti apapun keinginanMu atas diriku. Aku ingin melakukan yang terbaik dari diriku, meskipun hal itu hanya kecil saja. Surga memang jauh lebih besar dari pada apa yang seharusnya kuterima, namun setidak-tidaknya aku bisa melakukan yang terbaik untuk membuat diriku lebih layak menerimanya. Allahku, aku berharap kepadaMu, melalui rahmatMu, agar aku bisa terus berusaha setiap jam untuk mencapai Surga. Amin.