Saturday, May 30, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 54)



B. Beberapa Cobaan Khusus.


BAB 54


Cobaan Terhadap Iman



Kristus berkata :


AnakKu, beberapa orang mengalami cobaan yang berat agar tidak percaya kepada ajaran GerejaKu. Cobaan seperti ini disebabkan oleh setan, musuh Kebenaran. Dia mengganggu pengikut-pengikutKu karena dia membenci dan takut akan jalan hidup mereka. Dia tidak mengganggu para pendosa kawakan dengan cara ini, karena dia menggodai mereka dengan cara lain. Setan menjejalkan ajaran-ajaran yang salah kepada mereka yang tidak mengenal GerejaKu. Melalui kedok kebaikan, maka kesalahan-kesalahan yang diumpankan oleh setan bisa menarik banyak orang. Tetap dekatlah dengan GerejaKu, maka kamu tidak akan jatuh kedalam perangkap. Siapapun yang tidak mau menerima ucapan-ucapan GerejaKu, maka dia juga tidak mau menerima Aku.


2. Jika kamu digodai seperti ini, janganlah bingung dan sedih. Jangan biarkan keraguan merampok kedamaianmu. Serahkan kepercayaanmu kepada GerejaKu, maka musuh akan lari menjauh. Percayalah kepada para muridKu serta para penerus mereka, karena Aku telah menjamin kebersihan mereka dari segala kesalahan. "Dia yang mendengar kamu, mendengar Aku", demikianlah Aku berkata kepada mereka. Karya mereka akan terus sampai akhir jaman.


3. Pasrahkan dirimu kepadaKu melalui iman. Aku ingin kamu mengenal kebenaranKu. Aku akan menambahkan pengetahuan kepada jiwamu melalui rahmatKu kapanpun kau perlukan. Aku tidak meminta seseorang untuk banyak belajar atau memiliki pengertian yang mendalam atas misteri-misteri SurgawiKu. Apa yang Kuminta darimu adalah iman yang kuat kepada SabdaKu dan suatu kehidupan yang bijaksana.



RENUNGAN :


Sebuah sikap yang tulus dan rendah hati dalam mencari kebenaran adalah hal yang baik, selama aku tidak menjauhkan diriku dari ajaran tradisi Gereja Kristus. Namun aku harus mengingat bahwa penelitian yang logis serta mendalam tidak akan pernah bisa menguak misteri Allah. Aku harus segera menyerahkan segala penalaranku kepada SabdaNya. Adalah bodoh sekali jika aku hanya percaya kepada sesuatu yang bisa kumengerti dengan otakku saja. Bukankah Allah mengetahui dan melakukan segala sesuatu yang berada jauh diluar pengertianku yang kerdil ini ? Akankah Pencipta Kebenaran menuntun diriku menuju sesuatu yang salah ? Aku harus percaya kepada apapun yang diungkapkan oleh Allah, meskipun aku tidak mengerti apa arti semuanya itu.



DOA :


Tuhan, jika ada banyak hal di dunia ini yang tidak kumengerti, bagaimana mungkin aku bisa mengerti hal-hal yang Surgawi ? Penalaran manusia itu pendek dan terbatas. Ia mudah terbujuk. Namun iman sejati tak bisa ditipu. Iman seperti ini amat tergantung kepada SabdaMu dan SabdaMu adalah Kebenaran. Jika Karya-karyaMu sedemikian rupa hingga mudah sekali dimengerti oleh penalaranku yang dangkal ini, maka semua tadi tak bisa dikatakan sebagai hal yang luar bisa dan bersifat ilahi. Selama diriku tahu bahwa Engkau berbicara melalui GerejaMu, maka aku tidak akan ragu lagi tentang apa yang dikatakan GerejaMu kepadaku. Amin.