Sunday, May 24, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 48)


BAB 48

Menghadapi Godaan

KRISTUS berkata :

AnakKu, dengan pertolonganKu kamu akan bisa mengalahkan godaan yang mengganggu hidupmu setiap hari. Kamu tidak akan bisa terbebas dari godaan itu. Selama kamu masih berada di dunia ini, kamu harus berusaha melindungi dirimu darinya. Disekitarmu banyak sekali orang atau benda-benda yang siap memanfaatkan kelemahanmu. Jika kamu tidak bisa menghindarinya, hadapilah ia dengan sikap yang sabar dan jangan dengan kegelisahan atau kemarahan yang tanpa nalar. Luruskanlah dan sembuhkanlah apa yang kamu bisa. Untuk hal-hal yang tidak bisa kau atasi, maka tanggunglah itu dengan sabar demi kepentinganKu.

2. Jika kamu tidak mau memaku pandanganmu kearahKu, maka kamu tidak akan mampu bertahan dalam menghadapi pertempuran yang hebat sekarang ini. Tanpa pertolonganKu, kamu tidak akan bisa memperoleh imbalan dari Dia Yang Terberkati di Surga. Hadapilah kehidupan ini dengan berani. Dengan sebuah tujuan hidup yang pasti, maka peganglah sebuah patokan yang jelas untuk mengatasi godaan-godaan dalam hidupmu sehari-hari. Aku akan menganugerahi dengan kekuatan Surgawi kepada mereka yang telah berusaha dengan tulus. Si pemalas akan dihadapkan kepada kegagalan yang menyakitkan.

3. Beberapa orang berusaha untuk melarikan diri dari godaan, dan masih juga mereka terjatuh kedalam dosa. Dengan berjuang sendiri kamu tidak akan mampu mengalahkan segala godaan. Kemanapun kamu pergi, kamu akan selalu menjumpai kesempatan untuk berbuat dosa. Tetapi melalui kerendahan hati, kesabaran dan tindakan nyata, kamu akan menjadi kuat melawan musuh jiwamu.


RENUNGAN :

Kesabaran akan membuatku tenang dalam menghadapi berbagai gangguan dan kesulitan. Kesabaran akan membuatku bisa berpikir lebih jernih. Akibatnya, aku akan mudah berpaling kepada Allah jika aku sedang membutuhkanNya. Kerendahan hati akan membuatku tidak mudah tersinggung dan menaruh dendam atas pengalaman-pengalamanku yang tidak mengenakkan. Kedua kebajikan ini akan membantuku menemukan damai ditengah-tengah kesulitan hidupku. Lalu dengan sebuah rencana yang pasti didalam pikiranku, aku akan terus melawan kesalahanku dan mengalahkan godaan diriku.


DOA :

Yesusku, dengan bantuanMu aku berharap untuk melaksanakan yang terbaik setiap hari, untuk mengatasi kesalahan-kesalahanku serta meningkatkan kebajikan diriku. Jika ada sesuatu yang diluar kemampuanku, dan aku terpaksa menerima penderitaan dan kekecewaan, maka biarlah aku bisa melihat bahwa KemahakuasaanMu yang memang merencanakan hal itu bagiku. Biarlah aku memikul salibku dengan sabar dan tulus. Aku tak akan berhenti melakukan yang terbaik. Dan hasilnya akan kupersembahkan di TanganMu yang penuh kasih itu. Amin.