Thursday, May 28, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 52)



BAB 52


Doa, Obat Pertama Menghadapi Cobaan



KRISTUS berkata :

AnakKu, hadapilah kebenaran dan janganlah kamu berpaling dari kenyataan. Selama kamu masih berdiam di dunia ini, kamu tak bisa bebas dari berbagai cobaan dan kesulitan. SabdaKu telah mengatakan hal itu :"Hidup manusia di dunia ini adalah sebuah cobaan". Karena itu janganlah menganggap enteng suatu cobaan, tetapi hadapilah itu dengan sering berdoa dan penyangkalan diri. Dengan demikian setan tidak akan bisa mengalahkan kamu secara mengejutkan. Dia memang tidak pernah tidur, tetapi selalu berkeliling seperti seekor singa yang lapar, yang mencari seseorang untuk dimangsa.



Doa Untuk Memperoleh Terang



Terangilah aku oh Yesus yang baik, dengan terang dan sinar abadiMu, dan biarlah seluruh kegelapan menyingkir dari dalam hatiku. Biarlah aku bisa melihat pikiranku yang kacau ini dan bantulah aku untuk menggantikannya dengan pikiran yang lebih baik dan sehat. Bantulah aku menghadapi iblis yang datang kepadaku dalam bentuk keinginan-keinginan yang amat menarik. Anugerahilah aku dengan damai melalui kuasaMu, hingga SabdaMu bisa bergema dalam jiwaku seperti dalam sebuah bait suci. Perintahlah taufan dan badai. Berkatalah kepada lautan :"Tenanglah !". Berserulah kepada angin ribut :"Jangan bertiup !". Maka jadilah ketenangan yang hening dalam jiwaku. Amin.



Doa Untuk Menghadapi Cobaan



Oh Tuhan, Allahku, jangan pisahkan aku dari padaMu. Lihatlah diriku ini dan tolonglah aku. Pikiran-pikiran jahat telah datang kepadaku dan rasa takut menguasai diriku. Bagaimana aku bisa melewatinya tanpa terluka ? Tunjukkanlah padaku bagaimana aku harus mengalahkannya. Engkau telah berkata :"Aku akan pergi mendahului kamu dan merendahkan orang-orang besar di dunia ini. Aku akan membuka pintu penjara dan menunjukkan kepadamu rahasia-rahasia yang tersembunyi". Tuhan yang terkasih, lakukanlah apa yang Kau katakan dan biarlah segala pikiran dan keinginan jahat pergi menjauhi HadiratMu. Amin.