Saturday, May 23, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 47)


BAB 47

Semakin Meningkatnya Godaan


KRISTUS berkata :

AnakKu, amatilah dirimu sendiri, terutama pada awal datangnya suatu godaan. Kamu akan tahu bahwa hal itu amat mudah sekali untuk dilawan saat itu juga. Hentikanlah godaan itu saat itu juga, yaitu pada saat godaan itu mengetuk pintu hatimu. Maka amat bijaksana sekali kata-kata ini :"Tahanlah ia pada saat permulaan, sebab kamu akan terlambat jika godaan itu sudah mengumpulkan kekuatan yang besar, yaitu jika kamu menunda-nunda keputusanmu". Meskipun belumlah terlambat untuk kembali kepadaKu, namun kamu akan mengalami kesulitan untuk melakukannya, jika kamu berlama-lama bersama godaan itu.

2. Mula-mula, sebuah pikiran yang sederhana masuk kedalam pikiranmu. Hal ini segera diikuti oleh sebuah imajinasi yang kuat. Lalu datanglah sebuah kesenangan,lalu setan ikut meningkatkan kesenangan itu, dan akhirnya sebuah persetujuan untuk melakukan sebuah kesalahan. Maka, sedikit demi sedikit, musuh akan menemukan sebuah pintu masuk yang lebar menuju jiwamu, jika tidak sejak awal ia dilawan olehmu.


RENUNGAN :

Banyak sekali kehancuran kehidupan yang bisa dihindari jika orang mau mengikuti nasihat ini. Banyak orang yang terlena hingga dia berlama-lama dengan sebuah kesenangan, berusaha menikmatinya sepuas mungkin tanpa merasa takut kalau dirinya terjatuh kedalam godaan setan yang sudah siap disana. Manusia begitu takutnya kehilangan sesuatu. Dengan begitu dia telah melangkah semakin dekat dengan dosa, sampai suatu saat, seperti seekor laba-laba yang menunggu mangsanya, setan akan menerkamnya dan menguasainya.


DOA :

Oh Roh Kudus, Tuhanku dan Yang menyucikan jiwaku, didalam DiriMuaku berharap memperoleh kebijaksanaan untuk bisa mengenali suatu dosa sebelum hal itu mengalahkan diriku. Berilah aku kekuatan untuk menahan apapun yang akan menarikku menuju dosa. Jika diriku mau melawan suatu godaan pada saat pertama kali ia datang kepadaku, maka aku akan bisa memperkecil kesalahan dan dosa-dosaku. Dengan bantuanMu aku berharap untuk bisa melakukan apa saja yang perlu untuk memperkecil godaan dalam hidupku sehari-hari. Amin.