Friday, May 8, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 32)


BAB 32

Kesalahan Yang Menonjol


KRISTUS berkata :

AnakKu, Aku memberi kekuatan kepada mereka yang dengan tulus berusaha memerangi kesalahannya. Semakin keras mereka berusaha, semakin maju mereka didalam kebajikan hidupnya. Penguasaan diri yang Kuberikan adalah merupakan kemuliaan manusia yang terbesar, karena dia telah semakin dekat dengan kesempurnaanKu.

2. Tak ada dua orang yang memiliki kesalahan-kesalahan yang persis sama, sehingga mereka tak memiliki rahmat karunia yang sama jumlahnya. Aku memberi rahmat karunia yang lebih banyak kepada mereka yang menggunakan dengan baik segala apa yang mereka terima dariKu.

3. Jika kamu terus berusaha melawan kesalahan-kesalahan yang utama, maka kamu akan mendapati bahwa kesalahanmu yang lain akan mudah diatasi. Sekali kamu bisa menguasai hatimu, maka kamu akan menjadi penguasa dari hidupmu. Kepandaianmu akan dituntun oleh rahmatKu dan keinginanmu akan mengikuti hukumKu yang suci dan bijaksana.

4. Mulailah sekarang !Lawanlah dulu kesalahan-kesalahanmu yang paling sering kau lakukan. Jika kamu jatuh lagi pada kesalahan itu, jangan bersedih dan menjadi patah semangat, melainkan tunjukkanlah penyesalanmu dengan cara bangkit lagi. Didasar setiap kesalahanmu kamu akan menemukan rasa cinta dirimu. Perasaanmu akan memberontak, namun kamu harus memaku pandanganmu kearahKu dan membiarkan keinginanmu berpegang teguh pada hukumKu.

5. Doa, penebuan dosa dan Sakramen-sakramenKu akan bisa membantumu melihat DiriKu dari dekat, dan akan memberimu kekuatan untuk mengikuti KehendakKu.


RENUNGAN :


Setiap orang pasti memiliki kesalahan-kesalahan yang utama, yaitu yang paling menonjol, dimana sebagian besar dosa-dosanya terletak disitu. Mengalahkan kesalahan itu berarti sekaligus mengatasi banyak dosa-dosa lainnya. Kesalahan ini tidaklah mudah untuk menghilangkannya. Namun dengan usaha yang tulus dan terus menerus akan bisa melemahkan kecenderungan kita untuk melakukan kesalahan itu. Tuhan tidak akan membiarkan usaha kita menjadi sia-sia. Dia akan memberi kita kekuatan untuk terus maju melawan kesalahan ini. Aku hanya perlu untuk terus berusaha, melakukan apapun yang perlu untuk mengatasi kesalahan ini.


DOA :

Tuhan, buatlah aku menjadi bijaksana didalam menggunakan cara-cara yang Kau berikan kepadaku demi kemenangan rohaniku. Jangan biarkan aku lengah atau menjadi malas untuk mengikuti tuntunan GerejaMu, maupun untuk memanfaatkan Sakramen-sakramenMu. Kemenangan atas perjuangan hidupku sekarang akan bisa mendatangkan kemuliaan abadi bagiku, yaitu kehidupan di Surga. Imbalan yang telah Kau persiapkan bagiku adalah jauh lebih besar dari pada usahaku untuk mendapatkannya. Jangan biarkan aku menjadi bosan didalam perjuanganku untuk memperoleh Surga. Amin.