Thursday, September 3, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.2, Bab 38)





B A G I A N K E T I G A



Hubungan Seseorang Dengan Tetangga Dan Dirinya Sendiri


BAB 38


Kemurahan Hati Kepada Semua Orang


Kristus :

AnakKu, biarlah Aku memenuhi hatimu dengan sifat kemurahan hati, agar kamu bisa mengasihi Aku dengan kasih yang penuh dan sempurna. Kemurahan hati selalu berusaha mencari Aku melalui semua karya-karyaKu. Meskipun kamu sedang melakukan tugas-tugas bagi orang lain, kemurahan hati melakukannya demi kepentinganKu.

2. Bersikaplah baik kepada semua orang, tetapi janganlah berdosa kepada siapapun juga. Tak ada kata kompromi bagi segala perbuatan salah dan yang tidak menyenangkan Aku. Tetapi masih ada saat-saat dimana kamu bisa menunda kewajiban rohanimu demi menolong seseorang yang membutuhkan kamu. Didalam hal seperti ini, kamu masih bisa menyenangkan Aku. Seseorang yang sudah tidak tertarik akan kebutuhan tetangganya, sesungguhnya dia tidak tertarik lagi kepadaKu. Devosimu kepadaKu dibuktikan oleh tindakanmu. Demi kepentinganKu, tolonglah orang lain semampumu.

3. Didalam usahamu menolong orang lain, hati-hatilah, jangan sampai kamu menjadi tidak sabar jika rencana-rencanamu gagal. Jagalah agar kamu tidak terlalu gampang merubah orang lain sesuai dengan keinginanmu. Jika mereka tetap bertahan didalam kesalahan mereka, doakanlah mereka dan serahkan mereka kepadaKu. Kamu telah melakukan tugasmu. Aku tahu bagaimana caranya mengambil kebaikan dari kejelekan orang lain.

4. Jika kamu tak mampu memperbaiki kekurangan pada dirimu atau pada orang lain, bersabarlah dan berdoalah mohon pertolonganKu. Aku tak akan membiarkan kejahatan untuk menang. Jika semua orang itu sempurna, maka kamu tak akan memiliki alasan untuk menderita demi Aku.

5. Setiap orang memiliki kekurangannya sendiri-sendiri dan setiap orang memiliki beban salib sendiri. Orang harus saling bekerja sama dengan yang lainnya, saling membantu, menghibur, memperingatkan dan memberitahu orang lain. Perlakukanlah orang lain seperti yang kau inginkan agar Aku memperlakukan kamu pada saat penghakimanmu nanti.


Renungan :

Kemurahan hati merupakan kebajikan yang membuatku bisa mengasihi Allah diatas semua orang dan diatas segala hal. Aku bisa mengasihiNya diatas segalanya selama aku tetap membenci semua dosa dan melakukan kebajikan yang kubutuhkan dalam kehidupan ini. Diriku sudah mengasihi Allah jika saja, pertama, aku memperlakukan tetanggaku dengan penuh perhatian, dan kedua, aku memanfaatkan dengan baik semua barang atau kesempatan yang kumiliki. Didalam semua orang, barang atau kesempatan ini, aku bisa membuktikan kasihku kepada Allah dengan cara menanggapinya seperti yang diinginkan Allah. Didalam semua ini Yesuslah yang menjadi contohku.


Doa :

Tuhan, aku mengakui bahwa Engkau adalah maha baik. Engkau berhak menerima segala yang kumiliki. Bagaimana kesungguhanku terhadap kata-kata ini akan dibuktikan oleh sikapku terhadap orang-orang atau peristiwa dalam hidupku. Biarlah aku memperlakukan orang lain dengan kasih seperti yang Kau inginkan dariku. Berkatilah aku agar bisa mencerminkan kesabaranMu yang besar itu dalam cobaan-cobaan hidupku. Aku ingin tetap berusaha, tanpa mempedulikan kelemahan-kelemahanku dan kesalahanku. Jika aku tak bisa membuktikan kasihku melalui perbaikan sikap hidupku, paling tidak aku bisa membuktikannya dengan usaha yang terus menerus untuk menjadi lebih baik. Aku tak akan berhenti berusaha karena inilah yang bisa kulakukan demi kasihku kepadaMu. Amin.