Sunday, September 27, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 1)





B A G I A N K E S A T U

Haus Akan Penyatuan Yang Akrab


BAB 1


Persatuan Dengan Allah


Kristus :

AnakKu, selama dirimu berada dalam keadaan rahmat penyucian, Tritunggal Kudus tinggal dalam jiwamu. Selama kamu hidup bebas dari dosa berat, maka Aku ada bersamamu didalam persatuan yang adikodrati. Semakin kamu waspada akan persatuan ini, semakin kamu dipengaruhi olehnya dalam kehidupanmu.

2. Jalanilah kehidupan rohani yang aktiv, sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar dari persahabatan yang akrab ini. Dengan melalui berbagai cara berdoa, belajarlah mengarahkan pikiran dan hatimu kepadaKu sesering mungkin disepanjang hari.

3. Kamu akan sampai kepada kesempurnaan yang besar dalam kehidupanmu jika kamu bisa memusatkan perhatian dan kegiatanmu kepadaKu saja. Dengan kehidupan batin yang seperti ini, kamu tidak akan terganggu oleh orang-orang disekitarmu ataupun oleh tugas-tugas yang kau hadapi, atau oleh kesulitan dan cobaan yang datang padamu.

4. Persatuan ini merupakan awal dari kedamaian dan kebahagiaan Surgawi. Kamu akan tahu kebahagiaanKu karena kamu akan merasa memiliki Aku. Kamu akan memiliki damaiKu karena kamu akan mengasihi KehendakKu dan mengikutinya sepanjang hari. Bukan hanya kamu nanti hidup bagiKu, tetapi juga kamu menjalani kehidupan bersamaKu. Kamu akan merasakan berdampingan denganKu dalam segala apa yang kau lakukan dan kau derita.


Renungan :

Selama diriku berada dalam keadaan rahmat yang menyucikan ini, Tritunggal Terberkati tinggal didalam jiwaku. Persatuan batin ini akan mempengaruhi kehidupanku sehari-hari lebih besar lagi jika aku lebih menyadarinya sepanjang hari. Aku tidak perlu menghentikan kegiatan tugasku sehari-hari, tetapi aku hanya perlu mengembangkan kebiasaan berdoa. Kebiasaan ini akan menolong pikiranku untuk sering berjumpa dengan Allah dalam diriku. Didalam waktu senggangku, aku akan berusaha meningkatkan persahabatanku denganNya dengan cara membaca buku-buku, merenung dan berdialog denganNya. Beban hidupku sehari-hari akan lebih ringan dan aku lebih sadar bahwa Allah ikut menanggung beban itu bersamaku. Persahabatan manusiawi akan menjadi lebih sempurna karena aku membawa serta rahmat Allah kedalamnya. Cara berpikirku dan cara hidupku akan menolong sahabat-sahabatku untuk datang lebih dekat kepada Allah.


Doa :

Tritunggal Kudus, Allahku, Engkau telah berkenan membuat jiwaku menjadi tempat kediamanMu. Engkau telah datang kepadaku pada saat pembaptisanku, dengan niat untuk menjadi pendampingku yang paling akrab untuk selamanya. Selama aku tidak menolak kasihMu melalui perbuatan dosa berat, aku bisa tetap menjalani kehidupanku ini didalam persatuan denganMu. Allahku yang mengasihi, buatlah aku menjadi setia kepadaMu, dimana Engkau sendiri begitu setia kepadaku. Ajarilah aku untuk meningkatkan dan menguatkan persahabatan Surgawi ini lebih besar lagi setiap hari. KasihMu kepadaku ditunjukkan oleh pemberianMu yang terus menerus kepadaku. Biarlah aku membalas pemberianMu yang tak terhingga banyaknya itu dengan cara menggunakan karuniaMu secara bijaksana dan suci. Sepanjang hari, biarlah aku mengarahkan pikiranku, keinginanku, kesenanganku dan kepuasanku kepadaMu. Aku berharap suatu hari nanti kehidupanku ini menjadi sebuah persahabatan yang sempurna denganMu, hingga aku bisa melakukan segala hal hanya demi alasan-alasan yang luhur saja, yaitu : menyenangkan Engkau. Amin.