Thursday, September 17, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 2, Bab 52)





BAB 52


Penderitaan Hidup Sehari-hari


Kristus :

AnakKu, jika kamu maju didalam kebajikan kesabaranmu, Aku akan menarikmu mendekati hatiKu. Aku akan menunjukkan padamu bahwa Aku memberikan hak istimewa kepadamu dengan menanggung segalanya demi kepentinganKu. Jika kamu melihat penderitaanKu bagimu, dan jika kamu merefleksikan cobaan dan godaan besar yang dialami para kudusKu demi kepentinganKu, kamu akan sadar betapa amat sedikitnya yang kau lakukan bagiKu saat ini.

2. Kamu belum diminta untuk mencucurkan darah ataupun menderita siksaan. Kamu akan tahu betapa ringannya beban hidupmu sehari-hari dan cobaan-cobaan yang kau alami jika kamu menyadari penderitaanKu dulu serta cobaan-cobaan besar yang dialami oleh para martirKu. PengikutKu yang setia harus berjuang keras melawan godaan. Kesabaran mereka diuji dengan begitu banyak cara, namun mereka telah berhasil melalui semua itu dengan pandangan yang jelas akan kasihnya kepadaKu. Jika kenyataan ini tidak bisa membuatmu memandang ringan atas cobaan-cobaan hidupmu, maka ini menjadi bukti bahwa kamu masih lebih banyak berpikir tentang dirimu sendiri dari pada tentang Aku.

3. Aku tidak akan mengijinkan sesuatu terjadi atas dirimu jika hal itu tidak bisa meningkatkan kebaikanmu. Karena itu, ambillah pelajaran penting dariKu. Jangan cemas menghadapi kehidupan ini dan bersedialah menanggung cobaan-cobaan hidupmu demi Aku. Siaplah untuk menghadapi kekecewaan, salah pengertian, penentangan dan kerja keras dengan sabar dan meninggalkan segala kebesaranmu. Aku tidak akan tersaingi dalam hal kemurahan hati. Aku akan memberimu rahmat untuk bisa bertindak lebih bijaksana dan tenang pada saat-saat cobaan.

4. Jangan mengharapkan bisa mencapai kebahagiaan Surga yang abadi melalui kehidupan duniawi yang mudah dan memuaskan. Karunia SurgawiKu tidak diberikan kepada mereka yang tidak sabar mengalami penderitaan dan penentangan.

5. Kesabaran akan menolongmu berpikir jernih. Kamu akan melihat penderitaan sebagai suatu hak istimewa, jika hal itu diterima demi kepentinganKu. Kamu akan mengerti kebahagiaan para RasulKu yang merasa senang dihukum karena berbicara tentang sabdaKu. Mereka sadar bahwa menderita demi Aku adalah sebuah hak istimewa.


Renungan :

Adalah sebuah hak istimewa untuk menderita sesuatu demi Yesus. Keberhasilan manusia yang terbesar di dunia ini adalah melupakan dirinya sendiri dan mempersembahkan semuanya bagi Allah, terutama jika segala sesuatu bertentangan dan sukar baginya. Aku harus berdoa dan memohon kesempatan untuk membuktikan bahwa aku tidak cinta-diri dalam mengasihi Allah. Semakin baik aku mengenalNya, semakin aku ingin menderita bagiNya. Aku bisa mulai dengan menerima cobaan-cobaan yang ringan dalam hidupku. Kemudian lebih berat lagi dengan berusaha mencari kesempatan untuk lebih menyukai Kehendak SuciNya yang maha bijaksana itu atas diriku yang buta dan egois ini.


Doa :

Yesusku, begitu banyak orang menyatakan dirinya sabar, dan berusaha mengejar kesabaran itu melalui mulutnya, tetapi hanya sedikit yang mau berlatih hal itu dalam hidupnya. Jangan biarkan diriku menjadi pengikutMu secara teoritis saja, tetapi hendaknya aku menjadi pengikutMu yang aktiv. Aku ingin bermurah hati kepadaMu. Engkau layak menerima jauh lebih banyak dari pada apa yang bisa kuberikan kepadaMu. Penderitaanku ini begitu kecilnya jika dibandingkan dengan salib yang Kau panggul karena kasihMu kepadaku, atau dibandingkan dengan tindakan para kudusMu demi Engkau. Biarlah aku menemukan kebahagiaan dalam menanggung cobaan, penentangan, kekecewaan, kerja keras, demi kasihku kepadaMu. Aku berharap untuk bisa naik lebih tinggi lagi dengan mengharapkan menderita lebih besar dari pada sebelumnya. Semua ini kulakukan demi kepentinganMu, Penyelamatku. Amin.