Friday, June 19, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 74)



BAB 74


Ilmu Pengetahuan Tanpa Kebajikan


KRISTUS berkata :


AnakKu, keinginan mencari ilmu pengetahuan adalah alami dan normal, namun hal itu menjadi tidak baik jika tidak digunakan untuk menolong dirimu agar menjadi orang yang lebih berkwalitas. Seorang pekerja sederhana yang mematuhi SabdaKu adalah lebih baik dari pada seorang profesor pintar yang tidak pernah mau mempedulikan perintah-perintahKu.


2. Kehidupanmu sehari-hari merupakan sebuah perjalanan menuju keabadian. Pengetahuan yang membantumu untuk memperoleh Surga, itulah yang paling utama dan paling penting bagimu. Semakin banyak kamu belajar tentang Aku dan ajaran-ajaranKu, semakin baik dirimu.


3. Semua pengetahuan yang lainnya hendaklah dihargai berdasarkan kemampuannya untuk membuat dirimu menjadi lebih suci dan lebih berguna. Ada banyak hal yang tidak penting dalam kehidupanmu sehari-hari.


4. Jika ada beberapa orang yang lebih rajin mencabuti kesalahan-kesalahan mereka serta membenahi kekurangan-kekurangan mereka, maka mereka akan bisa menjadi lebih baik dari pada keadaannya sekarang yang selalu berdiskusi tentang banyak hal.


5. Adalah lebih baik menjadi besar dari pada sekadar 'dikira' besar. Kamu akan menjadi besar jika kamu mempelajari SabdaKu dan melaksanakannya dalam hidupmu sehari-hari. Jika kamu selalu berbicara tentang kehidupan suci saja, kamu mungkin bisa mengherankan seseorang, namun Aku mengetahui siapa kamu itu sebenarnya : seorang yang gagal selamanya !



RENUNGAN :


Ada orang yang terlalu menghargai pendidikan. Dia melihat ada tujuan terbesar yang harus diraih disitu. Mereka itu keliru. Ilmu pengetahuan tak akan ada nilainya jika ia tak bisa membuatku menjadi orang yang baik. Ia seharusnya bisa meluaskan wawasan hidupku, menuntunku menuju pemahaman akan sesamaku dan dunia ini dan membuatku lebih siap untuk menerima rahmat Allah. Jika pendidikan ternyata membuatku lebih cinta diri dan sombong, jika pendidikan membuatku menghina orang lain, maka pendidikan itu adalah buruk bagiku. Pendidikan yang benar seharusnya bisa menolongku menjalani kehidupan yang bijaksana dan membantuku agar bisa menghargai ciptaan Allah yang menakjubkan.



DOA :


Roh Kudus, Allahku, berkatilah aku dengan kasih kepada kebaikan dan dengan pengetahuan yang sehat. Ajarilah aku untuk melaksanakan apa yang kupelajari, sejauh hal itu memungkinkan dalam hidupku sehari-hari. Adalah lebih baik untuk melaksanakan ajaran-ajaranMu dari pada berkotbah tentang itu dengan penuh semangat. Orang yang hafal menyebutkan isi Kitab Suci hingga baris demi baris, tidaklah lebih baik di mataMu dari pada orang yang melaksanakan kalimat-kalimat itu dalam kehidupannya sehari-hari. Tunjukkanlah kepadaku dengan lebih jelas lagi betapa aku betul-betul menjadi milikMu. Jangan biarkan ada pengetahuan lain yang mengaburkan pengetahuan utama dan yang tertinggi ini. Amin.