Wednesday, June 10, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 65)



BAB 65


Keinginan Untuk Disanjung


KRISTUS berkata :


AnakKu, beberapa orang sampai merasa cemas karena ingin dihargai dan dianggap baik. Yang lain lagi ingin memiliki sahabat sebanyak-banyaknya. Meskipun hal ini baik, namun pencarian yang terlalu bernapsu akan hal itu amatlah berbahaya. Keinginan seperti itu bisa membuat seseorang lebih bersedia memuaskan manusia dari pada menyenangkan Aku.


2. Meskipun kamu berhutang penghormatan cukup besar kepada semua orang, namun kamu berhutang kepadaKu jauh lebih banyak lagi. Jika seseorang mengharapkan kamu untuk melakukan kebodohan atau perbuatan dosa, maka tinggalkanlah segala penghormatan dari manusia dan tetaplah setia kepadaKu. Dalam hidupmu sehari-hari, memiliki kasih dan persahabatan denganKu adalah diatas segalanya. Jika kamu bijaksana, kamu akan menghindari siapapun yang akan menarikmu menjauhi Aku.


3. Kadang-kadang kamu bisa memberikan kesempatan baik kepada tetanggamu dengan tidak membiarkan mereka mengenali dirimu dengan baik. Sebab keakraban akan bisa menunjukkan kesalahan dan kekuranganmu kepadanya, yang tidak dia harapkan ada padamu. Karena hal ini memungkinkan dia kehilangan kesan-kesan yang telah kau berikan padanya melalui tutur kata dan tindakanmu. Kamu tak perlu takut menjadi munafik, selama kamu terus berusaha menjadi sebaik yang diperkirakan orang atas dirimu. Lebih sering orang menilai dirimu dari kegagalan dan kelemahanmu dari pada atas usaha dan cita-citamu.


4. Adalah bodoh untuk menambatkan hatimu kepada dukungan dan pengakuan manusia. Apa yang dipikirkan orang lain tentang dirimu, sering tergantung kepada siapa diri mereka sebenarnya dan pada bagaimana perasaan mereka saat itu. Dukungan manusia tidak selalu berdasarkan kebenaran. Demi kepentinganKu, berilah perhatian kepada semua orang, namun janganlah kamu mencari penghargaan serta penghormatan dari manusia.


5. Kadang-kadang, adalah baik untuk menghindari perhatian orang lain dan mencari Aku dalam kesendirian. Puji-pujian dan penghargaan dari manusia bisa mendongakkan kepalamu hingga menjadi sombong, suka akan perhatian, dalam mencari kepuasan dirinya yang bodoh. Beberapa orang akan mengira kamu lebih baik dari pada keadaanmu yang sebenarnya, dan beberapa orang lagi menilai kamu lebih rendah dari pada kenyataannya. Aku tahu siapa kamu itu sebenarnya dan bagaimana usahamu.



RENUNGAN:


Seseorang yang ingin dimengerti dan dihormati orang lain, adalah orang yang lemah. Didalam hidup ini, Tuhan sendirilah yang menghargai aku seperti yang layak kuterima. PenilaianNya atas diriku akan diketahui dan diterima oleh semua orang pada hari akhir nanti. Rahasia dari kebesaran sejati adalah mengikuti Kehendak Allah dalam segala hal. Aku tak perlu menghiraukan apa yang dipikirkan atau dikatakan orang lain atas diriku pada suatu saat. Tak ada di dunia ini yang lebih bodoh dan hampa dari pada pikiran-pikiran tanpa rasa kasih sayang dan penilaian yang terburu-buru dari manusia.



DOA :


Tuhanku, penilaian manusia tergantung kepada begitu banyak hal yang selalu berubah. Aku tak bisa berharap untuk menyenangkan Engkau sambil menyenangkan semua orang di dunia ini. Jangan biarkan aku berseteru tanpa guna dengan orang lain. Namun, jika hal itu demi kebenaran, jangan biarkan aku menjadi takut akan anggapan orang lain. PengadilanMu berada diatas segala umat dan malaikat pada saat Pengadilan Akhir nanti. Aku ingin akan pengakuanMu atas kehidupanku, karena SabdaMu adalah Kebenaran. Amin.