Friday, June 5, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 60)



BAB 60


Pikiran-pikiran Jahat





KRISTUS berkata :


AnakKu, jangan sampai kamu terpengaruh jika suatu saat timbul keinginan-keinginan jahat atau bayangan-bayangan aneh dalam dirimu.Tetaplah kamu memegang teguh tujuan hidupmu, dan jagalah agar ujubmu menjadi jelas dihadapanKu, meskipun pada suatu saat dirimu penuh dengan keinginan-keinginan dan kebahagiaan rohani, tetapi segera sesudahnya, kamu kembali kepada jalanmu semula yang bodoh itu. Beberapa dari kekuranganmu memang harus ada demi kepentinganKu. Aku tidak akan menghilangkan hal itu. Dan kenyataannya, hal itu akan membawa keuntungan bagimu selama kamu betul-betul tidak menyukainya dan menolak untuk bekerja sama dengan kekurangan-kekurangan itu.


2. Aku mengijinkan setan untuk berkelana diatas bumi. Dia berusaha terus untuk menghilangkan keinginanmu terhadapKu. Dia selalu berusaha dengan berbagai macam cara untuk menjauhkan kamu dari segala perbuatan suci. Dia hanya bisa melukaimu kalau kamu mau mengikuti anjurannya. Didalam usahanya untuk menjauhkan kamu dariKu, dia mempelajari dirimu untuk mengetahui dimana titik kelemahanmu berada.


3. Setan selalu memompakan pikiran-pikiran jahat yang bisa membuatmu menjadi jemu dan kecewa. Dia akan menarikmu dari kegiatan-kegiatandoa, membaca buku-buku rohani atau perbuatan-perbuatan baik. Dia takut jika melihat seseorang mengaku dosa dengan tulus. Jika bisa, dia akan mencegahmu untuk menerima Aku didalam Komuni Kudus. Namun, disamping usahanya yang terus menerus dan ganas terhadapmu, dia itu sebenarnya tak berdaya jika kamu sudah memutuskan tekad untuk berdiri bersamaKu, dengan iman, harapan dan kasih.


4. Rendahkanlah musuh, dan janganlah takut kepadanya. Pusatkan perhatianmu kepada tugasmu sehari-hari. Ikutilah firmanKu dalam hidupmu. Carilah rahmat dan inspirasi melalui doa dan renungan. Sering-seringlah merenungkan kehidupanKu. Hormatilah para kudusKu. Lihatlah dosa-dosamu dan hendaklah kamu merasa jijik terhadapnya. Amatilah keinginan-keinginanmu, pikiranmu dan ujubmu. Buatlah keputusan dalam hidupmu, dan sering-seringlah memperbaharuinya, dan lakukan yang terbaik untuk mewujudkannya. Percayakanlah kepada kebijaksanaanKu dan kasihKu untuk menyelesaikannya.



RENUNGAN :


Aku tidak perlu mengira bahwa diriku kurang setia jika diriku, pada suatu saat, telah kehilangan perasaan devosi seperti yang kuinginkan terhadap Allah serta para kudusNya. Perasaan-perasaan mulia adalah merupakan karunia yang diberikan oleh Allah pada suatu saat tertentu. Hal itu merupakan sebuah perasaan sekilas tentang Surga. Hal itu bukanlah karunia yang bersifat menetap didalam hidup ini. Karena itu, diriku tidak boleh tergantung kepadanya. Kebajikan dan jasa-jasaku yang sebenarnya bisa dikenal jika perasaan-perasaan itu tidak ada. Didalam aktivitas yang berulang-ulang hingga membosankan setiap hari, bagaimana aku bisa melaksanakan tugasku dengan baik ? Upaya apa yang telah kulakukan untuk menghalangi tindakan dan keinginan tidak masuk akal dalam diriku ? Berapa jauhkah keinginanku untuk menyenangkan Allah dalam segala hal ? Jika aku melakukan yang terbaik, maka setan tak akan memiliki peluang untuk memerintah aku.



DOA :


Bapa dari Terang, ketika pikiranku dipenuhi oleh kebingungan dan kekecewaan, berkatilah aku dengan terang rahmatMu, agar aku bisa memusatkan pandanganku kepada kebenaranMu dan dengan aman berjalan menuju Surga. Didalam GerejaMu aku akan mencari tuntunanMu seperti yang Kau kehendaki atas diriku. Seluruh kekuatan neraka tidak akan mampu melawanku jika aku cukup bijaksana untuk hanya mencari kebenaranMu dan menggunakan kekuatan Sakramen-sakramen kudusMu. Amin.