Tuesday, June 23, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 78)



BAB 78


Sabda Allah Bagi Orang Yang Dicobai


KRISTUS berkata :


AnakKu, percayalah kepadaKu. Serahkan kepercayaanmu kepada kerahiman dan kasihKu. Seringkali jika kamu merasa bahwa DiriKu jauh darimu, sebenarnya pada saat itu Aku berada amat dekat denganmu. Jika kamu merasa seolah-olah segala sesuatu berjalan jauh dari keinginanmu hingga kamu menjadi sedih, maka itulah saat yang tepat bagimu untuk membuktikan iman dan kesetiaanmu kepadaKu.


2. Dirimu tidak bisa dikatakan telah gagal hanya karena sesuatu terjadi tidak sesuai dengan keinginanmu. Jangan menilai sesuatu berdasarkan kesenangan atau ketidaksenangan dirimu kepada hal itu. Jagalah agar keputus-asaan tidak menguasai hatimu, meskipun nampaknya sesuatu itu sudah tidak ada harapannya lagi bagimu. Lakukanlah yang terbaik yang kamu bisa dan terimalah hasilnya sebagai KehendakKu.


3. Aku adalah Penciptamu dan Allahmu yang mengasihi. Pikiranmu yang paling tersembunyi sekalipun bisa Kulihat jelas. Penyelamatan abadimu adalah masalah yang utama. Jika kamu merasa bosan serta jijik dengan kegiatanmu sehari-hari, ingatlah bahwa Aku memiliki alasan-alasan yang baik agar kamu merasakan hal itu.


4. Jika Aku mengambil semuanya darimu, kamu tak bisa menolak sama sekali. Kamu tak bisa mengakui sesuatu itu sebagai milikmu, bahkan dirimu sendiri bukan milikmu. Semuanya adalah milikKu. Tanpa Aku, kamu tak berarti apa-apa. Meskipun nampaknya Aku bersikap keras terhadapmu, Aku tetap berhak memperoleh puji-pujian dan ketaatan darimu, karena apa yang Kulakukan itu berawal dari kebijaksanaan abadi dan kasih yang tak terbatas.


5. Apa yang Kulakukan kepadamu adalah disebabkan oleh rasa kasihKu kepadamu yang jauh lebih besar dari pada kasihmu kepada dirimu sendiri ataupun dari orang lain. Jika Aku mengirimkan suatu cobaan atau penderitaan kepadamu, jangan mengeluh ataupun sedih. Rasa damai dan kepuasan akan datang kepadamu segera setelah hal itu sudah tiba saatnya.



RENUNGAN :


Dalam segala hal, Allah selalu mengasihi aku dan memikirkan kebahagiaan diriku. Karena diriku berpandangan sempit dan terlalu cinta diri, aku selalu mengeluh jika mengalami hal yang kurang enak. Sebenarnya Allah bisa mencegah terjadinya pengalaman burukku itu. Namun Dia membiarkan hal itu terjadi demi alasan-alasan yang amat baik. Jika aku telah tumbuh besar dan bijaksana, aku akan bisa melihat betapa aku telah memberikan nilai berlebih terhadap kesenangan dan keberhasilan dunia ini.



DOA :


Allah yang terkasih, jika aku sadar betapa bijaksananya DiriMu, dan betapa besarnya Engkau mengasihi aku, maka aku akan belajar untuk merasa puas dengan segala KehendakMu. Didalam rasa cinta diriku, aku telah menginginkan sebuah surga di dunia ini maupun setelah mati nanti. Kini aku ingin menerima KehendakMu dalam segala hal. Apakah Engkau memberikan penghiburan ataupun cobaan, biarlah aku tetap melayani Engkau seperti yang seharusnya kulakukan. Aku akan berusaha melakukan yang terbaik untuk memperbaiki diriku setiap hari. Setelah aku melakukan yang terbaik, aku akan menerima hasilnya, dalam bentuk apapun juga, sebagai Kehendak SuciMu. Amin.