Monday, June 15, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 70)



BAB 70


Godaan Untuk Bersikap Congkak


KRISTUS berkata :


AnakKu, setan menggodai kamu untuk berbuat dosa dengan berprasangka buruk melalui dua cara. Dia melakukannya dengan memberikan sugesti kepadamu bahwa kerahimanKu akan membebaskan kamu dari hukuman atas dosa-dosamu, atau dengan cara meyakinkan kamu bahwa dirimu cukup kuat untuk menghadapi segala cobaan. Dia adalah bapa dari kebohongan dan penipu ulung. KerahimanKu berada diatas segala karyaKu, namun hal itu tidaklah mengalahkan keadilanKu.


2. Meskipun Aku menderita dan mati untuk mendapatkan pengampunan atas dosa-dosamu, namun kamupun harus mengambil bagian didalam karya penyelamatan ini. Percayalah kepadaKu; patuhilah GerejaKu; lakukanlah penebusan atas dosa-dosamu; hindarilah kesempatan untuk berbuat dosa. Hanya jika kamu mau melaksanakan kewajibanmu, kamu akan bisa menerima kerahimanKu. Sekali kamu dipanggil oleh Malaikat maut, maka saat kerahiman itu usailah sudah. Dan kamu hanya akan menjumpai pengadilanKu.


3. Jika kamu terlalu menggantungkan diri kepada kekuatanmu, maka ingatlah akan ketergantungan dirimu yang penuh kepadaKu untuk setiap kali tarikan napasmu, setiap kali denyutan jantungmu, setiap detik kehidupanmu. Siapapun yang mengira dirinya bisa mandiri dan kuat, adalah orang yang bodoh. Dia yang mencintai bahaya akan musnah didalamnya. Jika kamu terlalu percaya akan kekuatanmu, maka kamu akan menemukan kenyataan bahwa dirimu lebih lemah dari pada yang kau duga.


4. Jika Aku memberimu penerangan rohani serta kekuatan Surgawi, janganlah terlalu cepat untuk memberitakan hal ini kepada orang lain. Ingatlah akan ketidak-layakan dirimu, maka kamu akan menggunakan karuniaKu itu dengan baik-baik. Kamu akan menggunakannya dengan rasa terima kasih, ugahari dan berhati-hati.



RENUNGAN :


Rasa congkak adalah sebuah impian si bodoh. Manusia tidak memiliki arti apa-apa jika Allah meninggalkannya. Seseorang yang menyadari akan ketergantungannya kepada Allah, dia akan aman dari banyak dosa-dosa lainnya. Dia akan bekerja melaksanakan yang terbaik yang dia mampu, dia mengharapkan kekuatan yang dia perlukan dari Allah. Jika dia berhasil dalam sesuatu, dia berterima kasih kepada Allah. Jika dia gagal, dia mempersembahkan segala usaha dan ujubnya kepada Allah. Sudah selayaknya jika aku selalu berpaling kepada Allah dalam segala hal. Dengan cara berbuat kebenaran dan bersikap tulus, aku akan bisa menghindari dosa karena rasa congkak. Allah akan memberiku terang dan kekuatan untuk menjalani kehidupan sehari-hari menuju kehidupan abadi.


DOA :


Tuhanku dan Segala-galanya bagiku, limpahkanlah kepadaku kebijaksanaan dan ketulusan untuk mengakui segala kehampaanku. Biarlah aku melakukan semua ini bukan hanya dengan kata-kata namun terutama dengan perbuatanku sehari-hari. Jangan biarkan aku berpura-pura lebih besar dari pada keadaan diriku yang sebenarnya. Aku tidak akan melakukan sesuatu diluar kemampuanku. Sejauh mungkin aku berhrap untuk menghindari segala kesempatan untuk berbuat dosa. Mereka yang terlalu congkak atas kekuatan dan kebijaksanaannya sendiri, terancam untuk jatuh terpisah dariMu. Aku hanya ingin melakukan yang terbaik yang aku bisa demi kepentinganMu. Amin.