Tuesday, April 7, 2009

MANANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 2)

BAB 2


Tujuan Dari Segala Ciptaan


KRISTUS berkata :

AnakKu, jika kamu mengarahkan segala keinginanmu seperti KehendakKu, maka kamu akan bisa belajar banyak hal dari pelajaran Surgawi atas kejadian hidup sehari-hari. Segala hal yang kelihatannya kecil dan tidak berarti, selalu mencerminkan kebijaksanaan dan kebaikanKu. Jika kamu sudah menjadi baik dan jauh dari rasa cinta-diri, maka kamu akan mudah mengerti arti yang lebih dalam dari segala peristiwa dalam kehidupanmu sehari-hari. Sebuah hati yang tak mengenal cinta-diri akan mampu melihat lebih banyak dari pada apa yang nampak di permukaan.

2. Aku menciptakan Surga dan bumi bagi manusia. Bahkan Aku memberikan malaikat untuk membantu manusia. Dalam kenyataannya, Aku sendiri yang melayani dan membantu umat manusia. Jika dia hidup sesuai dengan keinginanKu, maka suatu hari nanti dia akan merasakan kebahagiaan sempurna bersamaKu di Surga.

3. Apa yang telah kau lakukan sebagai balasan atas karuniaKu yang tak terbilang banyaknya itu ? Seharusnya kamu melayani Aku sepanjang hari dalam seluruh hidupmu. Namun ternyata kamu telah gagal untuk memberikan pelayanan kepadaKu bahkan untuk satu hari saja. Sebenarnya Aku layak untuk menerima seluruh kepatuhan darimu, semua penghormatan dan puji-pujian abadi darimu. MenurutKu kamu telah berhutang kepadaKu dalam setiap tarikan napasmu dan dalam setiap detik kehidupanmu. Tanpa dukungan yang berkesinambungan dariKu, maka tak ada yang bisa menyenangkan dan menolongmu. Segala jenis bantuan dan penghiburan adalah merupakan karya jariKu.


RENUNGAN :

Jika saja Aku bisa membuat daftar yang berisi tentang segala pemberian Tuhan kepadaku, maka jadilah sebuah buku. Segala hal dan semua orang yang bisa kusebutkan, adalah merupakan pemberian Tuhan untuk suatu maksud tertentu. Semua saja, bukan hanya beberapa hal, yang ada dalam hidupku, adalah demi alasan-alasan yang sangat baik dari Tuhan. Dalam satu atau lain hal, semua tadi bertujuan untuk membantu aku agar memperoleh kebahagiaan dan kemuliaan abadi di Surga. Aku harus menolak siapapun atau apapun yang bisa membawaku menjauhi tujuan hidup ini melalui perbuatan dosa. Segala hal hendaknya dipergunakan secara bijaksana, yaitu untuk membantu aku hidup dalam kebaikan dan bermanfaat. Dengan mempergunakan kepandaian, aku mengontrol kebutuhan hidup dan aktivitas sehari-hari. Dengan demikian aku telah membuktikan kerinduanku yang tulus akan kasih Allah dan persahabatan abadi dengan Allah di Surga.


DOA :

Ya Tuhanku, hal-hal baik yang menarik hatiku di dunia ini merupakan sebuah contoh kecil dari daya tarik dan kebaikanMu yang sempurna. Biarlah hal itu menjadi semangat bagiku agar aku tidak berpaling menghindar dariMu, Kebaikan Yang Sempurna. Aku berharap agar aku tidak menghiraukan segala hal atau siapapun juga yang bisa menjauhkan aku dariMu. Hal-hal yang baik di dunia ini akan berlalu dengan cepatnya, namun Engkau tetaplah abadi. Kini aku memilih Engkau melalui perjuangan yang tulus sehari-hari melawan godaan setan. Berkatilah aku dengan karunia kemuliaan untuk bisa memuliakan Engkau dari atas bumi ini dan mencintai Engkau di Surga. Amin.