Wednesday, April 15, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 10)


BAB 10


Pembaharuan Niatan Hidup Setiap Hari


KRISTUS berkata :

AnakKu, kemajuan dalam kebajikan tergantung pada rahmatKu serta pada tujuan yang hendak kau capai. Kamu selalu bisa memperoleh rahmat dariKu. Namun tujuan hidupmu itulah yang selalu berubah dan ragu-ragu. Niatan hidupmu akan lebih teguh jika kamu mendapatkan bantuan rahmat Ku. Dengan doa dan kurban, dan dengan semakin seringnya menerima SakramenKu, hal ini akan mendatangkan lebih banyak rahmat. Maka kamu akan mendapati bahwa keinginanmu menjadi lebih kuat lagi untuk mewujudkan niatan hidupmu sepanjang hari.

2. Kadang-kadang tidaklah cukup kalau kamu menentukan niatanmu hanya pada pagi hari saja. Maka kamu harus selalu mengingat kembali dan memperbaharui niatanmu itu pada siang harinya. Periksalah seberapa patuhnya kamu mengikuti niatanmu dan berusahalah meningkatkan usahamu disitu. Jika kamu gagal dalam mewujudkan keputusanmu, mulailah lagi. Ini masih jauh lebih baik dari pada jika kamu melupakan niatan baikmu itu. Setiap orang bisa membuat keputusan yang baik. Namun untuk bisa menjaga dan memperbaharui keputusan itu adalah pekerjaan dari manusia sejati.

3. Jika kamu takut untuk memulai lagi atau menjadi patah semangat karena kegagalan, hal ini karena kamu tidak mengerti apa yang sedang berlangsung dalam kehidupanmu sehari-hari. Tanpa DiriKu, kamu tidak bisa apa-apa. Sandarkan kepercayaanmu kepada bantuanKu. Lalu dengan penuh percaya diri, laksanakan apa yang terbaik untuk mewujudkan keputusanmu. Jika kamu gagal, perbaharuilah niatanmu saat itu juga dan mulailah lagi. Aku lebih menilai usahamu dari pada kegagalanmu. Adalah rasa harga dirimu yang membuatmu takut untuk memulai atau menurunkan semangatmu ketika kamu gagal. Rasa kebanggaan selalu menginginkan keberhasilan dengan cepat.

4. Jadilah tulus hati, maka kamu akan menjadi sederhana. Berusahalah dengan tulus dan jangan terkejut dengan kelemahan dan kegagalanmu nanti. Mintalah rahmatKu dan teruslah berusaha. Serahkan semuanya di tanganKu. Dia yang selalu berusaha menyenangkan Aku, tidak akan pernah Kutinggalkan.


RENUNGAN :

Adakah aku cukup berani untuk memperbaharui niatan-niatanku dan keputusan-keputusan yang baik dalam hidupku sehari-hari dan berusaha dengan tulus untuk mengikutinya ? Dengan bantuan Tuhan aku tidak akan gagal. Kesalahan-kesalahanku yang lama akan sirna secara pelan-pelan jika aku meneruskan usahaku dalam arah yang sebaliknya. Jadi jika aku gagal karena kemalasanku, maka aku bisa memenangkannya lagi dengan cara mencari kesempatan untuk melakukan perbuatan baik. Demikian juga dengan kesalahan-kesalahanku yang lain.


DOA :

Tuhan, biarlah aku melaksanakan apapun yang diperlukan untuk melawan kesalahan-kesalahanku dan meneruskan perjalananku dalam arah yang sebaliknya. Jika saja aku harus menghindari seseorang atau suatu tempat tertentu, dan aku harus melakukan suatu tindakan tertentu, biarlah aku melakukannya tanpa ada penundaan-penundaan yang tak beralasan. Semua tadi hanya demi kemuliaanMu dan demi kebaikan diriku yang lebih besar. Tuhan, kini aku mulai, dan selalu memulai lagi dan lagi, karena aku ingin membahagiakan Engkau. Amin.