Sunday, April 26, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 20)


BAB 20

Rasa Sakitnya Neraka


KRISTUS berkata :

AnakKu, Aku telah membuktikan kebaikanKu dengan berbagai pemberianKu yang tak terhitung banyaknya kepada umat manusia. Manusia tak bisa menyebutkan satupun hal yang baik yang bukan berasal dariKu. Rasa kasihKu kepada mereka terbukti melalui kerja kerasKu selama Aku hidup di dunia dulu, juga karya-karyaKu, penderitaanKu serta doa-doaKu untuk memohon ampun bagi dosa-dosa mereka. Seseorang yang mau meluangkan waktunya untuk merenungkan tentang apa yang seharusnya Kuterima, tak bisa memungkiri bahwa dia memang berhutang kepadaKu jauh lebih banyak dari pada yang bisa dia bayarkan. Namun, tanpa memperdulikan kebaikanKu serta kasihKu, beberapa orang lebih memilih berlari menjauhi Aku. Mereka menolak mengikuti jalanKu. Akibatnya, mereka jatuh kedalam dosa. Meskipun Aku menciptakan mereka untuk bertempat tinggal di Surga, tetapi mereka tak akan pernah bisa melihatnya karena mereka menolak melakukan perbuatan yang diperlukan untuk bisa masuk kesitu.

2. Neraka disiapkan bagi para iblis dan malaikat yang durhaka. Manusia diciptakan untuk tinggal di Surga. Dengan menolak untuk tinggal di Surga, berarti dia telah memilih untuk tinggal tanpa kehadiranKu. Maka dia akan memperoleh keinginannya itu, dia akan bergabung bersama para malaikat durhaka di neraka. Dengan menolak mengikuti hukumKu, berarti dia telah memalingkan mukanya dariKu, sama seperti halnya yang dilakukan oleh malaikat yang durhaka itu. Jika dia mati dalam keadaan seperti ini, berarti dia telah menghukum dirinya sendiri untuk masuk neraka. Juri yang menghukum dirinya adalah kehidupannya sendiri yang penuh dosa itu. Aku hanyalah mengucapkan kalimat yang telah dia susun sendiri.

3. Tak ada di dunia ini yang bisa dibandingkan dengan neraka. Sebab hal itu tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Untuk mengetahuinya maka orang harus melihatnya sendiri kesana. Meskipun Aku berusaha untuk memberikan gambaran tentang neraka kepadamu, ingatlah bahwa hal itu hanyalah sebagian kecil saja dan sangat jauh dari keadaan yang sebenarnya. Kata-kata yang ada masih terlalu sedikit untuk bisa menjelaskan keadaan neraka yang sebenarnya. Aku tidak menakut-nakuti kamu disini. Aku hanya ingin agar kamu berani menghadapi kenyataan ini : jika kamu tidak hidup demi Surga, maka suatu saat nanti kamu akan tinggal di neraka.

4. Segala penderitaan yang telah dikenal manusia saat ini, tidaklah bisa dibandingkan dengan penderitaan di neraka. Orang yang bijaksana akan lebih bersedia menanggung percobaan hidup di dunia ini dari pada menempatkan dirinya didalam bahaya neraka. Satu jam hidup di neraka masih lebih menyakitkan dari pada 100 tahun menderita diatas bumi. Didalam kehidupan dunia ini orang masih bisa beristirahat sejenak dari penderitaan dan kesedihannya. Mereka bisa memperoleh sedikit penghiburan dari sahabat-sahabatnya. Tetapi di neraka, tak ada kesempatan beristirahat, tak ada penghiburan dan tak ada sahabat.

5. Api neraka tak pernah padam. Tak ada akhir bagi penderitaan disitu. Seseorang tak bisa menemukan penghiburan apapun meskipun telah tinggal di neraka selama 1000 tahun. Dia tak bisa mengharapkan akhir dari penderitaannya itu, padahal seseorang akan mampu menanggung segala penderitaan jika dia masih memiliki harapan untuk keluar dari penderitaan itu. Rasa putus asa adalah merupakan penderitaan paling pahit di neraka.

6. Di neraka seseorang akan dihukum dengan tindakan yang sama seperti yang telah dia lakukan di dunia. Tiap-tiap dosa memiliki hukuman sendiri-sendiri. Yang malas akan dipaksa bekerja keras terus menerus. Yang suka makan banyak akan dihukum dengan kelaparan dan kehausan yang sangat. Yang sombong akan dipenuhi dengan kebingungan dan yang serakah akan merasakan suatu keinginan yang sangat akan sesuatu.

7. Namun yang paling menyiksa di neraka bukanlah semua ini. Manusia di neraka akan dengan senang hati menanggung semua penderitaannya dan yang lebih berat lagi asalkan mereka masih memiliki harapan untuk menerima kasih dan persahabatan dariKu, tidak perduli berapa lama mereka harus menunggu, bahkan semilyar tahunpun sejak sekarang. Siksaan mereka yang terberat adalah kenyataan bahwa mereka telah kehilangan Aku untuk selamanya, Sumber dari kebahagiaan sejati dan sempurna. Penderitaan demikianlah yang membuat neraka menjadi tempat keputusasaan dan kebencian yang tak pernah padam.

8. AnakKu, ikutilah KehendakKu didalam hidupmu sehari-hari, maka kamu tak perlu takut akan neraka. Sesungguhnya kamu memiliki alasan yang cukup untuk berbahagia dan bersukacita jika kamu mau mengikuti perintah-perintahKu dan menerima Sakramen-sakramenKu. Jangan menceburkan dirimu sendiri kedalam neraka dengan cara menolak mengikuti petunjukKu. Aku amat mengasihimu. Jangan mencegah Aku untuk membawamu ke Surga.


RENUNGAN :

Neraka adalah sebuah kenyataan. Kristus Tuhan kita menegaskan hal ini berkali-kali selama hidupNya di dunia ini. Siapapun yang mengingkari kenyataan ini berarti menyangkal firman Kristus tadi. Dia adalah Allah. Dia telah membuktikan kekuatan ilahiNya berkali-kali selama dan sesudah kehidupanNya di dunia ini. SabdaNya adalah kebenaran. Dia berkata tentang fakta adanya neraka dan terus berbicara tentang hal itu sampai saat ini melalui GerejaNya dan Kitab Suci.


DOA :

Yesusku, banyak orang mengalami kesulitan dalam melaksanakan SabdaMu :"Tinggalkanlah dirimu, angkatlah salibmu dan ikutlah Aku". Namun Sabda yang lebih mengerikan lagi ialah :"Pergilah dariKu, maka kamu akan terkutuk, menuju api abadi". Penderitaan yang kecil saja di dunia ini sudah cukup berat bagiku. Betapa beratnya penderitaan di neraka nanti ! Aku tak bisa sekaligus menikmati kesenangan yang tak terbatas di dunia ini dan berbahagia bersamaMu di Surga. Karena itu Allah yang terkasih, agar aku bisa selamat dari hukuman abadi, maka biarlah aku melakukan yang terbaik untuk menanggung beban beratku di dunia ini. Biarlah aku lebih memilih penderitaan di dunia ini, bahkan sampai mati sekarang ini, dari pada melakukan sebuah dosa berat. Amin.