Sunday, April 12, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 7)


BAB 7


Kesia-siaan Dalam Hidup Sehari-hari



KRISTUS berkata :

AnakKu, kesia-siaan adalah nama lain dari suatu pengharapan yang bodoh dan suatu dalih yang tak berguna. Beberapa orang mengharapkan terlalu banyak atas hal-hal yang baik dari dunia ini. Beberapa yang lain berpura-pura menjadi lebih besar dari pada yang seharusnya mereka peroleh.

2. Kesia-siaan yang paling sia-sia dan semuanya adalah sia-sia belaka bagi mereka yang tidak mengasihi Aku atau menolak mengikuti perintahKu. Dibawah matahari ini tak ada yang abadi. Jika kamu mencintai sesuatu karena sesuatu itu sendiri, dan bukan karena sesuatu itu bisa membantumu melaksanakan KehendakKu, maka kamu adalah kurban dari kesia-siaan. Kematian akan segera merampas semuanya tadi dari padamu dan tak ada lagi yang tersisa. Betapa bijaksananya seseorang yang menghayati kebenaran ini.

3. Adalah kesia-siaan belaka jika kamu terlalu mengejar kekayaan yang bisa musnah serta menaruh harapan berlebihan padanya. Adalah kesia-siaan pula untuk terlalu mengharapkan pujian atau menganggap dirimu sendiri lebih baik dari pada orang lain. Adalah kesia-siaan saja jika kamu mengikuti secara buta keinginan daging dan menginginkan barang-barang yang bisa membawa hukuman besar kemudian.

4. Adalah kesia-siaan pula untuk mengharapkan hidup yang panjang, sementara itu dilain pihak kamu hanya menaruh sedikit perhatian untuk mencari kehidupan yang baik. Adalah kesia-siaan jika kamu mencurahkan seluruh perhatianmu pada kehidupan saat ini tanpa mau memikirkan sama sekali akan kehidupan mendatang. Adalah kesia-siaan saja untuk mencintai barang-barang yang dengan cepat berlalu sementara itu kamu tidak mau mempersiapkan hatimu bagi Surga, rumah dimana disitu ada kebahagiaan abadi.

RENUNGAN :

Jika saja orang-orang mati bisa mengalami kembali masa-masa kehidupan mereka dulu, betapa berubahnya sikap mereka dalam menghargai benda-benda duniawi ini ! Kini mereka akan sadar betapa bodohnya tindakan mereka dulu dalam banyak hal, termasuk pekerjaan dan bahkan dosa-dosa mereka. Orang-orang yang baik justru kini menikmati kebahagiaan sempurna bersama Tuhan di Surga, karena mereka telah menolak untuk menyangkal Dia melalui hiburan-hiburan atau kemuliaan duniawi. Hidupku adalah pilihanku. Akankah aku menyenangkan hati Tuhan dalam segala hal, atau aku lebih suka pada kepuasan dunia yang bertentangan dengan Kehendak KudusNya ?

DOA :

Tuhan, berkatilah aku dengan kebijaksanaan Surgawi, hingga aku bisa belajar untuk mencariMu selalu diatas kepentingan lainnya. Semoga aku bisa menemukan Engkau, menikmati kehadiranMu dalam hidupku dan mengasihi Engkau lebih dari segalanya. Biarlah aku bisa mengerti kepentingan dari masing-masing yang ada ini sesuai dengan KehendakMu. Berkatilah aku agar bisa dengan hati-hati menghindari para pembohong serta dengan sabar menghadapi orang-orang yang membuat hidupku semakin sukar. Adalah sangat bijaksana untuk melawan segala pengaruh kata-kata tidak pantas dari orang lain dan tetap menjaga mataku hanya terarah pada hukum-hukumMu yang suci itu. Dengan cara ini aku akan berjalan lurus dengan aman sepanjang jalan menuju kehidupan abadi, kebahagiaan tanpa akhir dan satu-satunya keberhasilan yang bertahan selamanya. Amin.