Monday, July 6, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 91)



BAB 91

Ketergantungan Yang Sia-sia Kepada Pertolongan Manusia


KRISTUS berkata :

AnakKu, janganlah menaruh kepercayaan yang terlalu besar kepada persahabatan serta penghiburan dari manusia. Manusia hanya bisa mengatasi sedikit saja dari kebutuhanmu. Jika kamu terlalu tergantung kepada mereka, maka kamu akan menemukan kekecewaan yang sangat pahit. Jadi, diatas semua orang atau barang yang bisa memuaskan kebutuhanmu setiap hari, serahkan kepercayaanmu kepadaKu.

2. Orang yang sekarang dekat denganmu, mungkin sudah menjadi musuhmu besok. Mereka yang sekarang menyenangkan hatimu, mungkin membuatmu sedih nanti. Hal-hal yang memuaskan kamu sekarang, mungkin mengecewakan kamu segera. Jangan terlalu bodoh dengan menggantungkan dirimu kepada makhluk yang selalu berubah ini.

3. Aku sendirilah yang tahu dan menginginkan apa yang benar-benar baik bagimu untuk selamanya. Hanya Akulah yang tidak berubah dan selalu menyenangkan. Bergantunglah kepadaKu dan Kehendak SuciKu. Jagalah agar dirimu hanya tergantung kepada sesuatu yang lain sebatas Aku mengijinkannya.

4. Hanya sedikit saja orang yang memiliki kepercayaan seperti yang Kuinginkan. Banyak orang tidak memiliki kepercayaan seperti yang Kukehendaki. Jika kamu mau menyerahkan seluruh kegiatanmu sehari-hari di tanganKu, maka Aku akan melakukan yang terbaik bagimu.

5. Kehidupan Surgawi yang sempurna adalah merupakan satu hal yang terbaik dan terakhir bagimu. Jalanilah kehidupanmu sesuai dengan hukumKu, maka Aku tidak akan melupakan kamu dalam memenuhi kebutuhanmu yang penting.


RENUNGAN :

Semoga aku tidak terlalu tergantung kepada orang lain. Mereka hanya bisa menolongku secara terbatas saja. Orang lain adalah manusia biasa seperti halnya diriku. Ada batas bagi kebijaksanaan mereka, pengertian mereka, dan cinta kasih mereka. Hanya didalam Allah aku bisa menemukan Pengertian yang sempurna, Kasih yang serba memuaskan, dan Kebijaksanaan yang tak terbatas. Jika diriku bisa menjadikan Allah sebagai Yang Pertama dalam hidupku, maka akan terjadi perubahan besar didalam cara berpikirku, kebaikanku, dan dalam segala hal disekitarku. Tak akan ada orang yang mencuri kedamaian dalam diriku ini.Aku tidak akan terlalu tergantung kepada orang lain seperti sebelumnya. Aku akan menikmati kebebasan dari kegilaan manusia yang saat ini selalu menakutkan diriku.


DOA :

Yesus yang terkasih, dalam segala kebutuhanku, jangan biarkan aku tergantung kepada bantuan orang lain. Engkaulah hendaknya yang menjadi pusat keberadaanku. Segala perasaan bahagia, kasih, ambisi dan keberhasilan, yaitu hal-hal yang telah kukenal dan kusenangi, semua ini hanyalah merupakan pencerminan yang kecil saja dari KemuliaanMu yang maha besar dan serba memuaskan itu. Jika akhirnya nanti diriku bisa berhadap-hadapan muka denganMu di Surga, maka aku akan menyadari betapa kesenangan dan kebahagiaan dunia ini amatlah tidak lengkap. Biarlah aku hidup bagiMu dan berjalan kearah Surga disetiap saat dari kehidupanku. Aku ingin berjalan diantara manusia disekitarku dengan pandanganku terarah kepadaMu. Berkatilah aku agar tidak tergantung lagi kepada siapapun juga. Amin.