Saturday, July 25, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 110)



Bab 110


Kasih Akan Keheningan


KRISTUS berkata :

AnakKu, biarlah Aku menunjukkan kepadamu nilai luhur dari keheningan doa. Jika kamu berbicara dengan orang lain, sering sekali kamu menjadi tertarik kepada hal-hal yang tidak berguna, ide-ide yang jahat, serta keinginan-keinginan yang tidak baik. Jika kamu berbicara denganKu, maka pemahamanmu atas kehidupan ini akan semakin dalam dan wawasanmu semakin luas. Pembicaraan manusia sering mengikat pikiran-pikiranmu kepada kehidupan duniawi ini, namun jika berbicara denganKu akan bisa mengangkat pikiranmu diatas batas-batas sempit dari keberadaan manusiawi yang fana ini. Pembicaraan manusiawi sering membawa penghargaan yang berlebih-lebihan terhadap kemuliaan duniawi yang cepat berlalu ini. Pembicaraan Surgawi membawa penglihatan yang lebih jelas atas kemuliaan kekal yang sudah menunggumu.

2. Datanglah dan istirahatlah sebentar bersama Aku. Lakukanlah hal ini sesering mungkin selama hari-harimu. Belajarlah untuk menghargai persahabatan denganKu didalam keheningan. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memiliki niatan-niatan yang suci didalam kegiatanmu, sebuah kata hati yang jernih serta kedamaian pikiran. Cintailah doa dan kerja tanpa terlihat oleh orang lain maka kamu akan menemukan banyak cara-cara sederhana untuk lebih menyenangkan Aku. TerangKu bersinar kepada hati yang penuh doa, seperti benih yang jatuh di tanah yang subur.

3. Lebih mudah untuk mengendalikan pikiran dan keinginan-keinginanmu dengan cara tetap tinggal di rumah dari pada kamu sering pergi keluar. Sering berpergian atau mengunjungi orang lain akan mengundang banyak kekacauan. Kamu tak bisa berhadapan dengan orang banyak dalam keadaan yang aman dari pengaruh negativ, kecuali kamu telah memiliki rasa cinta akan keheningan.

4. Didalam keheningan doa kamu akan menerima sebuah rasa penghargaan yang dalam terhadap tujuan-tujuan Surgawimu didalam kehidupan ini. Seorang pendoa hanya berbicara jika berguna bagi dirinya dan orang lain. Dia tak akan membuang-buang energinya secara sia-sia dan memamerkan ide-idenya didalam pembicaraan yang tak ada gunanya.


RENUNGAN :

Pengetahuan dan kekuatan yang menakjubkan akan menjadi milikku jika aku telah belajar memahami bacaan-bacaan rohani serta meditasi atau hal-hal yang dari Allah. Aku akan bisa merasakan pikiran-pikiranNya dan mengikuti kehendakNya yang maha bijaksana itu. Didalam keheningan doa aku bisa menemukan terang dan kekuatan untuk menjalani kehidupan yang suci dan berhasil di dunia ini.


DOA :

Tuhanku yang selalu hadir dimana-mana, aku ingin sering menghadap kepadaMu disepanjang hari untuk berbicara kepadaMu tentang apapun juga yang ada didalam pikiranku. Berkatilah aku agar aku bisa menjadi lebih sadar akan kedekatanMu denganku dan akan perhatianMu yang penuh kasih dalam hal apapun yang mengenai diriku. Biarlah aku sering berpaling kepadaMu semudah aku berhadapan dengan sahabat-sahabatku. Aku membutuhkan rahmat ini untuk bisa menjalani kehidupan yang penuh keutamaan dan kebijaksanaan. Tolonglah aku, Tuhan, untuk mengembangkan kehidupan doa yang lebih bersemangat didalam kegiatanku sehari-hari. Amin.