Sunday, July 5, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.1, Bab 90)



BAB 90

Kasih Akan Pembaharuan dan Keberagaman


KRISTUS berkata :

AnakKu, rasa keingintahuan adalah baik selama hal itu dituntun oleh penalaran dan rahmat. Dalam banyak hal, ternyata rasa keingintahuan itu lebih berakibat buruk dari pada sebaliknya. Beberapa orang ada yang memiliki keinginan untuk dianggap terpelajar dan pandai sehingga mereka berusaha menjawab segala kesulitan hidupnya serta menyelesaikan semua masalahnya.

2. Tidak semua orang bisa mengetahui jawabannya. Dalam kenyataannya ada saat-saat dimana lebih baik kamu tidak mengetahui jawabannya. Teruskan saja berjalan, laksanakan tugasmu sehari-hari dengan baik dan penuhilah kewajibanmu. Belajarlah apapun yang bisa membuatmu menjadi lebih berguna dan bijaksana. Pengetahuan demikian akan menuntunmu menemukan damaiKu.

3. Pada beberapa keadaan, rasa ingin tahu bisa mempengaruhi perhatianmu. Dalam berhubungan dengan ajaran-ajaranKu, terimalah hal itu dengan ketulusan dan kesederhanaan, dan jangan berusaha untuk mencari jawabannya mengapa dan bagaimana atas semua pernyataan yang Kuberikan. Pada saat-saat tertentu adalah perlu untuk menelan ajaran-ajaranKu karena semua itu adalah milikKu. Beberapa kebenaran ada yang terlalu dalam untuk bisa dimengerti oleh kepandaian manusia yang terbatas itu. Jika kamu bisa mengerti semua tadi, Aku tidak akan datang kepadamu dan membuka semua tadi kepadamu. Kamu harus menerima semua itu dengan iman, ketulusan dan rendah hati. Bukankah Aku ini Pencipta segala kebenaran ?

4. Kuasailah rasa keingintahuanmu. Adalah baik untuk mengabaikan beberapa hal tertentu seolah-oleh hal itu tidak pernah ada. Suatu saat kamu akan merasa bahwa adalah sangat baik bagimu untuk menjadi tuli, bisu dan buta demi kepentinganKu. Kamu masih belum siap belajar kebenaran yang sejati untuk saat ini, penuhilah hati dan pikiranmu dengan pikiran dan keinginan yang bisa menolongmu mendapatkan kehidupan abadi. Arahkan perhatianmu kepada hal-hal yang akan membuatmu menjadi tulus dan ikhlas dalam tugasmu sehari-hari.

5. Ingatlah bahwa mata tidak bisa dipuaskan oleh pemandangan, telinga tidak bisa dipuaskan oleh pendengaran. Ada banyak hal yang lebih berarti bagi hidupmu selain apa yang bisa kau dengar dan kau lihat. Kamu dikelilingi oleh suatu dunia yang tak kelihatan, yaitu dunia rohani. Ia akan terus ada setelah dunia yang kelihatan ini berlalu.

6. Cobalah untuk belajar sebanyak mungkin tentang kebenaran yang telah Kunyatakan kepadamu. Tetapi berhati-hatilah terhadap rasa keingintahuan yang sombong, yang seolah-olah mampu mengerti segala hal atau berusaha menjejalkan pengetahuanmu kepada orang lain.


RENUNGAN :

Rasa keingintahuan bisa menuntun manusia menuju pengetahuan yang lebih besar, namun ia juga bisa membawa petaka. Dalam kaitannya dengan Sabda Allah, perhatian utama manusia haruslah berusaha untuk mempercayainya karena Tuhanlah yang memberikan hal itu. Namun jika orang lebih suka mempelajari Sabda Allah dari pada melaksanakannya, maka rasa keingintahuannya tidaklah benar. Sepanjang dia berusaha keras untuk mematuhi ajaran Gereja Kristus, maka dia dapat dengan aman mempelajari pewahyuan kudus Allah dengan tujuan agar bisa mengertinya lebih dalam lagi.


DOA :

Roh Kudus, Inspirator ilahi dari hati manusia, berkatilah aku dengan rahmat untuk bisa mempelajari SabdaMu dengan rendah hati serta mematuhinya. Biarlah aku mengerti lebih dalam lagi tentang bagaimana melaksanakan KebijaksanaanMu itu dalam hidupku. Semakin setia aku mengikuti Kehendak SuciMu, semakin aman dan menguntungkan diriku dalam mempelajari apa yang telah Kau wahyukan kepada dunia melalui Kitab Suci dan Gereja Kristus. Amin.