Sunday, October 4, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 8)





BAB 8


Pengaruh Dari Sering Menerima Komuni Kudus


Kristus :

AnakKu, Aku menawarkan banyak rahmat khusus kepada mereka yang menerima Aku dengan sering dan penuh devosi didalam Komuni Kudus. Mereka yang memanfaatkan rahmat ini membuat langkah yang cepat kearah kesempurnaan Kristiani. Aku menarik mereka mendekati DiriKu sepanjang hari.

2. ku membuat pikiran mereka waspada terhadap kesempatan-kesempatan yang bisa mendatangkan dosa, lebih waspada terhadap kesempatan-kesempatan untuk berbuat kebajikan dan lebih waspada akan kedekatanKu dengannya sepanjang hari.

3. Aku mengajari mereka untuk lebih sering berpikir tentang Aku, dan semakin kurang memikirkan dirinya sendiri. Secara pelan-pelan mereka menilai segala sesuatu dengan caraKu dan tidak mau mengikuti kecenderungan dan prasangka-prasangka mereka sendiri.

4. Meskipun mula-mula nampaknya mereka mencari keuntungan mereka sendiri didalam upayanya menyenangkan Aku, tetapi kemudian, mereka akan mengabaikan keuntungan dirinya sendiri dan hanya berpikir bagaimana menyenangkan Aku.

5. Mereka sering menemukan begitu banyak kebahagiaan didalam persahabatan denganKu sehingga mereka sudah cukup puas untuk tidak terlalu banyak bergaul dengan orang lain, sejauh tugas-tugasnya memungkinkan. Penghiburan dan kebahagiaan mereka yang terbesar adalah memiliki persahabatan denganKu dan mempersembahkan apapun yang mereka lakukan sepanjang hari kepadaKu.

6. Doa-doa mereka menjadi lebih sempurna karena tidak dibebani oleh hambatan-hambatan dan usaha-usaha alamiah yang berasal dari kekacauan pikiran dan daya tarik duniawi.


Renungan :

Sering menerima Komuni, yang dilakukan dengan persiapan dan pelaksanaan yang baik, bisa memberiku persatuan yang sempurna dengan Yesus di dunia ini. Selama saat-saat berharga ini, Dia melakukan keajaiban-keajaiban dalam jiwaku. Aku harus berjalan maju dengan memanfaatkan rahmat Kristus ini sepanjang hari. Dia akan mengajari aku bagaimana bekerja sehari-hari tanpa kehilangan kontak batin denganNya. Maka aku akan mencapai kesucian yang tinggi yang telah dipersiapkan bagi para pengikutNya yang setia.


Doa :

Raja Sakramenku, Anak Domba Allah yang kudus, meskipun aku tidak layak untuk menerima perhatian dan kasihMu, aku tak bisa berpaling dari Komuni Kudus ini. Adalah keinginanMu sehingga aku menyukaiNya. Melalui Komuni Kudus, Engkau melimpahkan kepadaku kemuliaan yang tertinggi yang mungkin bagi manusia atau malaikat. Sementara aku berlutut disana, bersatu denganMu, aku menggunakan kekuatanku yang terbesar serta memakai pengaruhku yang terbesar dihadapan tahta Allah. Meskipun persatuan sakramental ini hanya berlangsung beberapa menit, berkatilah ia agar pengaruhnya bisa menguasai diriku sepanjang hari. Biarlah pikiranku berjalan seperti pikiranMu, dan biarlah keinginanku memilih seperti yang Kau pilih selama hidupMu di dunia dulu. Aku ingin menjalani kehidupanku dengan pemikiran bahwa aku bersatu secara sakramental denganMu sepanjang hari. Berkatilah aku agar tidak menaruh halangan terhadap rahmatMu yang ajaib itu, yang Kau tawarkan kepadaku dalam Komuni Kudus. Aku akan melakukan yang terbaik untuk menghindari segala kekacauan pikiran yang tak bernalar, dan aku akan berusaha memenuhi tugasku sehari-hari dengan tulus. Akhirnya aku ingin menyenangkan Engkau lebih besar lagi dengan melakukan kebaikan yang mungkin kulakukan. Amin.