Monday, October 19, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 21)





BAB 21


Mengasihi Allah Diatas Semua Makhluk



Kristus :


AnakKu, apapun yang bukan Allah, berarti makhluk. Semua orang atau barang yang telah Kuciptakan adalah makhluk. Kamu harus lebih menyukai Aku dari pada segala makhluk. Tak ada makhluk yang bisa dibandingkan dengan Aku. Kebaikan apapun yang kau temukan pada suatu makhluk, hal itu hanyalah refleksi dari kebaikanKu yang tak terbatas. Tak ada di dunia ini yang bisa memberimu kebahagiaan sempurna, seperti yang kelak akan Kuberikan kepadamu di Surga nanti. Jika kehidupan di dunia ini berakhir, kamu akan menyadari betapa kecilnya dan tidak sempurnanya segala makhluk yang ada ini jika dibandingkan dengan Aku.


2. Jika perhatian utamamu berada di dunia ini, maka kamu akan lebih suka berpikir tentang orang atau barang duniawi ini. Kamu hanya memikirkan apa yang menyenangkan dan bahkan kamu akan rela berbuat dosa untuk menghindari terjadinya apa yang tidak menyenangkan kamu.


3. Namun jika Aku yang menjadi perhatian utamamu, maka kamu akan lebih menyukai Aku dari pada segala makhluk. Kamu akan membuktikan hal ini dengan berusaha keras untuk menyenangkan Aku lebih banyak lagi dalam hidupmu. Kamu akan memberikan lebih banyak waktu dan perhatianmu kepadaKu. Kamu akan berusaha semakin mendekati Aku dengan membaca, berrefleksi, berdoa, dan melalui tuntunan-tuntunan rohani. Keinginan utamamu dalam segala kegiatanmu adalah untuk menyenangkan Aku, apakah hal itu menyenangkan atau tidak bagimu.


4. Sepanjang ada seseorang atau barang yang memiliki kekuatan untuk menarikmu menjauhi Aku, maka Aku bukanlah menjadi perhatianmu yang utama. Makhluk, mungkin bisa menarik perasaanmu, menangkap khayalanmu, dan membangkitkan keinginan-keinginanmu yang tak bernalar, tetapi itu semua tak akan mampu menguasai dirimu kecuali ia sampai bisa mempengaruhi keinginanmu. Selama kamu tidak mengikuti daya tarik dunia yang tak bernalar ini, kamu masih menjadi milikKu.


5. Berusahalah menyederhanakan kehidupanmu lebih besar lagi. Lepaskan semua keinginan yang tidak perlu. Pusatkan perhatianmu kepada hal-hal yang bisa membuatmu semakin menyerupai Aku. Berusahalah berpikir lebih mirip Aku, semakin suka menolong orang disekitarmu, dan menjaga agar perhatian serta intensimu berpusat pada DiriKu. Semakin kamu maju didalam kesederhanaan ini, maka segala makhluk lainnya akan semakin tak memiliki kekuatan atas dirimu.



Renungan :


Adalah tidak salah untuk mengasihi seseorang atau menginginkan barang yang baik yang bisa memperbaiki kehidupanku di dunia ini. Kenyataannya, karena semua itu merupakan refleksi dari kebaikan Allah, maka semua itu juga harus dicintai dan diinginkan. Aku akan bertindak salah jika mengasihi seseorang atau menginginkan suatu barang lebih dari pada seharusnya. Hal ini terjadi jika aku sampai rela berbuat dosa untuk kepentingan semuanya tadi. Pada saat seperti ini, aku lebih mengasihi makhluk ini dari pada Allah. Hubunganku dengan semua orang atau barang haruslah masuk akal dan tak berdosa. Allah menginginkan aku untuk hidup teratur, tahu menempatkan mana yang baik ditempat yang pertama. Hanya dengan begitu aku bisa berkata bahwa aku mengasihiNya diatas segala makhluk.



Doa :


Allah yang terkasih, Pencipta segalanya, Engkau telah menciptakan dunia yang indah. Diriku selalu tertarik kepada bermacam-macam orang atau barang. Semua itu bisa menarik hatiku karena mencerminkan secercah kesempurnaanMu. Namun semua itu hanyalah pencerminan yang tidak sempurna, dan tidak selalu membawa kebaikan bagi diriku. Tolonglah aku untuk menyenangkan Engkau dengan menggunakan semua tadi atau justru menghindari semua tadi, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Apapun yang membawa kekacauan dalam hidupku, adalah tidak baik bagiku. Apapun yang bisa membuatku semakin bisa menyenangkan Engkau, adalah baik bagiku. Dengan tulus aku ingin mengasihiMu diatas semua barang ciptaan. Aku ingin melakukan hal ini dengan menyenangkan Engkau disepanjang hari. Jangan sampai ada orang atau barang ciptaan yang bisa mendorongku untuk berbuat dosa. Aku akan berusaha lebih menyerupai Yesus didalam caraku menggunakan semua makhluk. Amin.