Tuesday, October 20, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 22)





BAB 22


Kasih Yang Mampu Merubah



Kristus :


AnakKu, betapapun besarnya seseorang, dia masih tergantung pada besarnya kasihnya kepadaKu. Kamu akan mengerti kebenaran ini dengan jelas jika kamu mengerti akan kehidupan para kudusKu. Mereka menginginkan yang terbaik. Akulah yang terbaik. Jika dibandingkan denganKu, maka segala kebaikan dan keindahan dunia ini tak ada artinya apa-apa.


2. Keinginan dan kasih kepada yang terbaik ini telah meninggikan para kudusKu diatas diri mereka sendiri, meninggikan mereka jauh diatas barang-barang duniawi. Mereka melihat yang terbaik ada dalam DiriKu dan mereka membaktikan hidup mereka bagiKu. Tak ada di dunia ini yang bisa mengalihkan pikiran dan keinginan mereka hingga menjauhi Aku. Kasih mereka dimurnikan seperti emas yang terbaik. Mereka mengalami segala macam penderitaan badan dan jiwa mereka, namun mereka terus memilih KehendakKu ditengah-tengah cobaan ini.


3. Aku melimpahkan rahmatKu kepada jiwa-jiwa yang bermurah hati ini. Sementara mereka memanfaatkan dengan baik rahmat ini, sebuah perubahan ajaib terjadi dalam diri mereka. Pikiran mereka menjadi lebih tajam, hingga mereka bisa melihat lebih jelas akan nilai paling luhur dari segala kegiatan mereka. Mereka akan memperoleh kekuatan, sehingga tak ada godaan atau penentangan yang bisa menarik mereka menjauhi KehendakKu. Sementara kemurahan hati mereka terhadapKu semakin tumbuh, rasa egoisme mereka semakin kabur. Kasih mereka kepadaKu menjadi tanpa rasa cinta-diri.


4. Rasa egois akan dilupakan jika seseorang telah menemukan daya tarik yang lebih tinggi, kebaikan yang lebih sempurna. Aku telah membuka DiriKu secara misterius kepada para kudusKu. Didalam kasih mereka yang murni kepadaKu, mereka hidup meninggalkan daya tarik dan kesenangan duniawi. Mereka tahu ada sebuah kedamaian yang tidak diketahui sama sekali oleh manusia duniawi. Kebahagiaan mereka ini tidak dikenal oleh orang-orang yang cinta dengan dunia ini.


Renungan :


Betapa besarnya keajaiban yang bisa dilakukan oleh kasih Yesus dalam diriku, jika aku mau menyerahkan diriku kepadaNya ! Penyerahan ini bukanlah sebuah misteri yang besar, dan bukan pula sebuah usaha keras yang akan merusak kesehatan tubuh dan jiwaku. Pertama, hal itu beripa usaha untuk mengenal Dia lebih baik lagi melalui kegiatan membaca, berrefleksi dan berdoa; kedua, berusaha untuk meniru Dia lebih sempurna lagi dalam kehidupanku. Jika aku telah semakin mengenal Dia, aku akan lebih mengasihiNya. Dengan usahaku setiap hari untuk meniru Dia, kasihku ini akan dimurnikan dari tujuan-tujuan yang bersifat egois. Dia akan membawaku menuju ujian, sehingga aku bisa melihat diriku apa adanya. Jika aku telah membuktikan kerelaanku untuk memberikan semuanya kepadaNya, Dia akan meninggikan aku menuju tingkat pengetahuan dan kasih yang baru. Dan aku akan tahu melalui pengalamanku, tentang kekuatan kasih untuk merubah sesuatu, yang bersifat adikodrati ini.


Doa :


Yesus, Raja jiwaku, didalam DiriMu sendiri aku bisa menemukan kebesaran untuk mana Engkau menciptakan aku. Kemuliaanku yang terbesar di dunia ini ialah berupa penyerahan diriku kepadaMu. Bersama Santo Yohanes Pemandi, aku ingin memiliki semboyan :"Yesus harus semakin tinggi, dan aku harus semakin rendah". Ya Tuhan, aku ingin Engkau mengambil alih kehidupanku, dan aku menjalaninya seperti yang Kau kehendaki. Berilah aku hak istimewa untuk berada didalam tanganMu, diarahkan oleh pikiran-pikiranMu, keinginanMu dan KehendakMu. Aku akan mencapai kemuliaanku yang tertinggi di dunia ini jika aku bisa mengatakan :"Bukannya aku yang ada dalam hidupku, tetapi Kristus yang hidup didalam aku". Hanya dengan mengasihi Engkau, aku bisa memperoleh perubahan Surgawi ini dalam diriku. Berilah aku kasih seperti ini. Amin.