Thursday, October 8, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 12)





BAB 12


Komuni Rohani



Kristus :


AnakKu, terimalah Aku didalam Komuni Kudus sesering mungkin. Berusahalah memurnikan tujuanmu, sehingga kamu bisa datang kepadaKu tanpa rasa kepentingan diri, namun hanya dari keinginan untuk menyenangkan Aku dan bersatu denganKu. Jika kamu telah sampai pada tingkatan rohani setinggi ini, Aku akan memberimu banyak rahmat khusus yang belum kau miliki.


2. Salah satu dari rahmat ini adalah kehausan akan kasih adikodrati. Keinginanmu untuk bersatu denganKu akan tumbuh semakin kuat. Kamu akan mencapai suatu keadaan dimana kamu berharap untuk menerima Aku lebih dari sekali dalam sehari. Secara sakramental, kamu tak bisa melakukan hal ini, tetapi kamu akan menerima komuni rohani sebagai pengobat atas kehausan rohanimu itu.


3. Dengan iman dan kasih kamu akan sering berpaling kearahKu sepanjang hari, memintaKu untuk datang kepadamu seperti halnya dalam Komuni Kudus. Melalui komuni rohani, kamu akan berusaha merasakan kunjungan sakramentalKu kepadamu. Untuk sesaat dari waktu-waktu senggangmu, kamu akan berbicara kepadaKu, mendengarkan Aku, dan bertindak seolah-olah Aku telah datang kepadamu melalui Komuni Kudus.


4. Meskipun komuni rohani tak bisa menggantikan kehadiranKu secara sakramental, hal itu sudah merupakan cara berdoa yang cerdik. Hal itu amat menyenangkan Aku dan Aku akan memberimu banyak berkat tambahan disepanjang hari itu. Aku akan mengajarimu untuk menutup suara-suara dunia disekitarmu untuk sementara. Kamu akan belajar untuk lebih waspada akan kedekatanKu dalam semua kegiatanmu. Kamu akan menghargai persahabatanKu lebih besar lagi, karena kamu telah menempuh kesulitan untuk mendekati Aku.



Renungan :


Meskipun tak ada pengganti bagi Sakramen Terberkati, aku masih bisa menerima komuni rohani sesering mungkin, untuk memuaskan kehausan rohani dalam diriku. Ketika aku meminta agar Allah berkenan hadir dalam diriku melalui komuni rohani, Dia akan senang dan akan memberiku banyak rahmat tambahan. Komuni rohani akan menolongku semakin mendekati Yesus dalam kehidupanku. Ya, melalui cara berdoa seperti ini, aku bisa menyatukan hatiku kepada hati Yesus sesering mungkin aku menghendakinya. Inilah keinginan seseorang, dimana Yesus berkenan untuk bekerjasama setiap saat.



Doa :


Yesusku, Pendamping jiwaku yang terdekat, aku telah sering melupakan Engkau dalam segala kegiatanku. Meskipun Engkau ada di Surga, tetapi di dunia ini Engkau juga hadir dengan berbagai cara. Didalam Sakramen Terberkati, Engkau hadir secara adikodrati dalam wujud fisik dan ilahiah, seperti halnya dulu Engkau berjalan diatas bumi ini. Lalu dengan rahmat penyucian Engkau hadir didalam jiwaku dengan berbagai cara. Ketika Engkau datang kepadaku dalam Komuni Kudus, persatuanMu denganku menjadi lebih kuat lagi dan semakin aktiv. KemanusiaanMu mengikatkan diriku lebih erat kepada keilahianMu. Tubuh dan darahMu yang berharga berlaku seperti makanan bagi jiwaku, menolongku untuk menghidupkan pengalamanMu lebih sempurna lagi dalam hatiku. Meskipun komuni rohani hanya merupakan pengganti yang amat tidak sempurna dan tidak lengkap bagi Komuni Kudus, Engkau tetap berkenan akan pengharapanku untuk bersatu denganMu sekali lagi. Karena Engkaupun ingin melihatku tetap bersatu denganMu, maka Engkau akan memberiku rahmat yang ajaib setiap kali aku berusaha untuk semakin mendekati Engkau melalui komuni rohani. Aku berharap agar usahaku ini semakin sering kulakukan disepanjang kegiatanku sehari-hari. Amin.