Friday, October 16, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 20)





BAB 20


Sifat Dari Kasih



Kristus :


AnakKu, kasih adalah merupakan kebajikan terbesar dalam setiap orang. Ia bisa membuatnya seperti Aku. Kasih bisa membawa kebajikan lainnya muncul dalam jiwa seseorang. Ia membuat seseorang mau berbakti, tulus, sabar, setia, tahan menderita, berani, peka, berhati-hati, tidak egois, ramah, dan teguh pendirian.


2. Dimana kasih memerintah, disitu kamu selalu menemukan kemurahan hati. Kasih hanya menginginkan satu hal, yaitu menyenangkan yang dikasihi. Kasih kepadaKu membuat seseorang menjadi rendah hati, tulus, berpikir sungguh-sungguh tentang Aku tanpa ada hambatan, berhati-hati untuk menghindari dosa, siap melaksanakan kebajikan, patuh kepada atasan, tidak egois terhadap sesama, dan lemah lembut kepada bawahan.


3. Kasih yang murni kepadaKu membuat seseorang bersedia untuk menderita apapun demi kepentinganKu. Dia menanggung bebannya tanpa merasa terbebani. Dia berusaha mencari yang lebih besar dan bukan sebaliknya. Dia tak pernah mengeluh ataupun melepaskan harapannya. Dia selalu berusaha mencoba sesuatu, meskipun hal itu tidak mungkin, demi kepentinganKu. Dia melaksanakan banyak hal yang bagi orang-orang yang egois ditakuti, bahkan untuk mulai berusaha.


4. Jika kasih yang murni memenuhi hati manusia, dia akan selalu berusaha mencari sesuatu lebih banyak lagi bagiKu. Dia menemukan kegembiraan didalam kelelahan, karena dia melihat hal ini sebagai bukti dari kasihnya kepadaKu. Kasihnya kepadaKu membuatnya rela melakukan hal-hal besar bagiKu. Kasih ini menolong dirinya untuk melihat ketidak-sempurnaan diri segala kepuasan duniawi. Dia mencari Aku, Kebaikan yang maha sempurna, Tujuan yang paling memuaskan.


5. Tak ada yang lebih manis dari pada kasih yang murni kepadaKu ini. Tak ada yang lebih kuat, tak ada yang lebih tinggi, tak ada yang lebih jauh jangkauannya, tak ada yang lebih lengkap, tak ada yang lebih baik di Surga maupun di bumi. Kasih seperti ini adalah merupakan karuniaKu kepada mereka yang memiliki kemurahan hati. Ia tak akan pernah merasa terpuaskan sampai ia memiliki Aku di Surga.



Renungan :


Kasih sejati berisi keinginan untuk memberi. Hal itu adalah cukup beralasan. Ia hanya mencari keuntungan bagi yang dikasihinya saja, dan berusaha untuk menyenangkannya. Allah layak untuk menerima kasihku yang paling murni karena Dia adalah yang maha baik. Dia layak menerima kasihku yang pertama dan tertinggi karena Dialah Kebaikan Tertinggi. Aku tak akan pernah bisa melakukan terlalu banyak bagiNya. Kenyataannya, aku tak pernah bisa melakukan sesuatu yang cukup bagiNya. Semakin baik aku mengenalNya, semakin jelas aku melihat bahwa Dia memang pantas menerima yang terbaik dariku sepanjang masa.



Doa :


Allahku dan Segalanya bagiku ! Bagi mereka yang mengerti Engkau, kata-kata itu memiliki arti yang amat besar ! Allahku dan Segalanya bagiku, begitu banyak kebenaran yang terkandung dalam kata-kata singkat itu. Jika Engkau dekat, hidup ini begitu berarti, namun jika aku kehilangan pandangan atas DiriMu, aku menjadi kelelahan dan jijik atas diriku dan segala hal yang lain. Ajarilah Aku untuk mengasihi Engkau dalam segala hal dan datas segala hal. Biarlah aku bisa melihatMu didalam segala hal yang kualami. Buatlah aku senang melakukan segala sesuatu demi kasihku kepadaMu. Aku ingin melakukan lebih banyak lagi demi kepentinganMu. Didalam melihat Engkau, aku ingin melupakan diriku sendiri. Aku ingin mengabaikan keinginanku sendiri dan hanya melakukan apa yang menyenangkan Engkau. Berilah aku terang untuk bisa melihat bagaimana caranya melaksanakan semua ini dalam hidupku. Berilah aku kemurahan hati untuk mau mengikuti terangMu. Amin.