Friday, October 9, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 13)





BAB 13


Kunjungan Kepada Sakramen Terberkati



Kristus :


AnakKu, jika kehadiranKu di atas altar hanya dibatasi disuatu tempat tertentu saja, maka akan banyak orang dari berbagai penjuru dunia berusaha mengunjungi tempat itu pada suatu saat atau disaat yang lain dari hidup mereka. Tetapi, kini Aku telah mempermudah hal itu bagi semua orang untuk datang kepadaKu, dan lihatlah berapa banyaknya orang yang hanya mau berkunjung kepadaKu sebagi suatu keharusan saja !


2. Banyak orang bersikap dingin terhadapKu. Seperti anak-anak, mereka hanya tertarik kepada apa yang bisa dilihat dan dipegang saja. Aku telah memberikan kekayaan terbesar mereka melalui Sakramen Terberkati. Melalui para RasulKu dan para penerus mereka, Aku telah berjanji untuk hadir secara pribadi dimana Sakramen Terberkati itu berada. Buatlah segala usaha untuk lebih tertarik kepada karunia duniawi yang terbesar ini.


3. Tidaklah cukup bagimu untuk percaya akan kehadiranKu diatas altar. Aku meletakkan DiriKu disitu karena kasihKu kepadamu. Aku ingin berada dekat denganmu dengan cara yang kelihatan, hingga kamu bisa mengunjungi Aku sesering kamu menginginkannya. Hendaknya kamu sering melakukannya.


4. Orang-orang datang kepadaKu dengan berbagai macam alasan. Beberapa hanya datang pada hari Minggu dan hari-hari kudus lainnya, dengan perasaan sebagai kewajiban saja. Mereka tidak ingin kehilangan Surga, atau mereka meminta suatu pertolongan dariKu. Lalu ada lagi mereka yang datang kepadaKu karena kebiasaan saja. Mereka bertindak secara otomatis, tanpa rasa devosi kepadaKu. Namun ada juga beberapa orang yang datang kepadaKu dengan alasan yang amat baik. Mereka datang karena merasa senang dekat denganKu. Orang-orang ini amat menyenangkan Aku. Mereka ini menerima banyak rahmat tambahan yang tidak diberikan kepada orang lain.


5. Perhatikan betapa besar devosinya para kudusKu. Mereka menggunakan setiap kesempatan untuk mengunjungi Aku dan tinggal bersamaKu. Mereka ingin mengabaikan segala daya tarik tak berguna sehingga mereka memiliki waktu lebih banyak bersamaKu. Sebagai balasan atas kemurahan hati mereka terhadapKu ini, mereka menerima pengertian yang lebih jelas akan kebaikanKu yang tak terbatas ini serta penghargaan yang lebih dalam atas kasihKu yang tak terhingga.


6. Kamupun memiliki kesempatan untuk memberiKu lebih banyak waktumu dan perhatianmu. Berusahalah lebih keras lagi untuk bersahabat denganKu. Kamu memiliki hak istimewa untuk berlutut dihadapanKu seperti gembala-gembala yang sederhana dan mengherankan itu; para Majus yang kecapekan dan menghargai Aku; para penderita kusta yang menderita dan memohon kepadaKu; Maria Magdalena yang menyesal dan berharap kepadaKu; Thomas yang telah yakin dan bertobat. Bagaimana kamu bisa memanfaatkan hak istimewa ini ?


7. Betapa mudahnya kamu menghadap kepadaKu pada saat penghakimanmu nanti, jika kamu telah mengasihi dan sering menghadap kepadaKu selama hidupmu di dunia ini. Setiap kali kunjungan kepadaKu adalah merupakan sebuah perwujudan iman, kasih dan pemurnian diri. Sering-seringlah datang kepadaKu, hingga Aku akan melimpahkan lebih banyak karunia kepada jiwamu.



Renungan :


Seseorang yang mengabaikan Yesus didalam Sakramen Terberkati, berarti telah melukai dirinya sendiri lebih besar dari pada yang bisa dia sadari. Dengan kunjungan yang sering, aku akan lebih dekat kepada persatuan ajaib dengan Allah dimana Dia memang ingin memberkati aku dalam hidupku. Setiap kali kunjungan akan semakin mendekatkan aku kepadaNya didalam persahabatan yang sejati. Aku tidak butuh cara-cara yang khusus, doa-doa khusus, atau persyaratan lainnya yang tidak biasa. Apa yang kubutuhkan adalah menghadirkan diriku dihadapanNya, berbicara seperti yang kuinginkan, mendengarkan, atau bahkan hanya diam saja dan tinggal bersamaNya. Dia lebih tertarik kepadaku dari pada semua orang lain. Meskipun aku merasa amat bodoh, Dia tetap tertarik kepada pikiran-pikiranku, keinginanku, kebutuhanku, harapanku, ambisiku, usahaku dan kerja kerasku. Kehidupanku sehari-hari adalah sesuatu yang amat penting bagiNya. Dia senang melihat aku datang kepadaNya karena pada setiap kunjunganku aku membuatNya memberikan pengampunan dan rahmat kepadaku. Dia berada disana karena Dia mengasihi aku. Akupun harus sering berkunjung karena kasihku kepadaNya.



Doa :


Yesusku, Yang benar-benar hadir didalam Sakramen Terberkati, aku masih belum menunjukkan kepadaMu bahkan separuh dari kasih yang kuhutang dariMu. Berilah aku rahmat agar lebih menghargai Engkau. Engkau layak menerima jauh lebih banyak perhatian dari pada yang selama ini kulakukan bagiMu. Bagaimana aku bisa datang kepadaMu dengan usaha yang sedikit saja atau bahkan tidak mau merepotkan diriku sendiri. Namun, aku tak bisa melakukannya. Aku memperlakukan sahabatku masih lebih baik dari pada aku memperlakukan Engkau. Sakramen ini merupakan bukti yang hidup dari kasihMu kepadaku. Aku berharap untuk menunjukkan kasihku kepadaMu dengan devosi yang lebih besar lagi sejak kini. Engkau akan melihatku lebih dari sekali dalam seminggu. Sedapat mungkin, aku akan sering mengunjungi Engkau. Aku ingin memberiMu lebih banyak perhatianku, waktuku dan hidupku. Amin.