Thursday, October 15, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 19)





BAB 19


Melihat Kearah Surga


Kristus :


AnakKu, didalam kehidupanmu, sering-seringlah berpikir tentang Surga. Jangan biarkan keinginan-keinginan duniawi menghalangi pandanganmu kepada tujuan yang tertinggi dan terakhir ini. Pandangan ini akan memberimu damai ditengah-tengah penentangan, kebahagiaan disaat-saat cobaan.

2. Di Surga kamu akan memiliki lebih banyak dari pada yang kau inginkan, lebih banyak dari pada yang kau bayangkan. Kamu tak akan tahu akhir dari kebahagiaanmu, maupun terganggu oleh rasa takut kehilangan apa yang kau kasihi. Kamu akan memiliki apa yang kau inginkan, dan kamu selalu menginginkan apa yang terbaik. Kamu akan merasakan pengetahuanKu, dan kebahagiaanKu akan memasuki jiwamu.

3. Di Surga, tak ada orang yang memiliki alasan untuk mengeluhkan tentang dirimu. Tak akan ada orang yang menghalangi atau merampas rencanamu. Kamu akan menikmati semua hal yang kau sukai pada saat yang sama. Aku akan memberimu kemuliaan yang tak bisa dibayangkan, sebagai imbalan bagi kemenanganmu atas godaan-godaan di dunia. Kamu akan menerima puji-pujian yang amat memuaskan atas kesabaran dan kesetiaanmu kepadaKu selama cobaan-cobaan hidupmu. KasihKu yang tak terbatas ini kepadamu akan ditunjukkan melalui pemberianKu yang tak tertandingi dengan dunia ini.


Renungan :


Bahasa manusia tak mampu menjelaskan tentang Surga. Mengapa ? Karena didalam segala pengalaman manusia, tak ada kata-kata yang bisa menjelaskan padaKu bagaimana Surga itu sebenarnya. Santo Paulus telah dianugerahi sebuah pemandangan tentang Surga, namun dia tak bisa bercerita kepada kita bagaimana bentuknya. Apa yang bisa dia katakan adalah bahwa kita semua belum pernah melihatnya, ataupun mendengarnya, ataupun bisa membayangkan bagaimana keadaan Surga itu. Pikiran tentang kebesaran Surga ini hendaknya amat mengesankan diriku. Setiap saat hendaknya bisa membawaku semakin mendekati kehidupan yang maha mulia ini. Betapa kecil dan tidak berartinya penderitaanku serta cobaan-cobaanku di dunia ini jika dibandingkan dengan imbalan yang amat memuaskan dan kekal ini !


Doa :

Oh Yesus, Raja Kemuliaan, pikiran tentang Surga telah membangkitkan dalam diriku sebuah keinginan untuk melaksanakan lebih banyak kebajikan dalam hidupku. Ia memberiku sebuah tujuan hidup yang teguh dengan mengabaikan segala sesuatu yang menghalangi kesempurnaan rohaniku. Engkau menciptakan aku demi kemuliaan abadi, dan didalam kehidupan duniawi ini Engkau telah memberiku kesempatan untuk membuktikan keinginanku yang tulus akan kemuliaan itu. Meskipun aku mencari damai dan kebahagiaan dalam segala hal yang kulakukan di dunia ini, aku tak akan bisa menemukan kebahagiaan sempurna seperti yang dirindukan hatiku sampai diriku masuk kedalam Surga. Tolonglah aku untuk bisa melihat kehidupan duniawi ini melalui pandanganMu. Jangan biarkan aku kehilangan kesempatan untuk melawan kejahatan serta melakukan kebaikan di dunia ini. Semoga keinginanku akan karya-karya yang baik semakin tumbuh. Aku ingin melakukan kebaikan lebih banyak lagi demi kasihku kepadaMu. Jika Engkau mengasihi aku hingga mau memberiku imbalan sempurna di Surga, maka bukankah sudah selayaknya jika aku menyerahkan diriku kepadaMu didalam sisa hidupku ini ? Aku ingin meniru kemurahanMu yang tak terbatas itu dengan cara manusiawiku yang terbatas ini sejak sekarang. Amin.