Monday, October 12, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 3, Bab 16)





B A G I A N K E T I G A


Penyatuan Sepanjang Hari

BAB 16


Melihat Adanya Tangan Allah Dalam Segala Hal



Kristus :


AnakKu, apa yang Kukatakan kepada para muridKu, juga Kukatakan kepadamu: "Seperti halnya Bapa mengasihi Aku, Akupun juga mengasihi Bapa". Semua orang menerima hidup dan kekuatan dariKu, apakah mereka besar atau kecil, kaya atau miskin, pintar atau bodoh. Akulah pancuran dari segala kebaikan.


2. Aku tahu apa yang dibutuhkan setiap orang. Demi alasan-alasan yang baik, Aku lalu memutuskan siapa-siapa yang memiliki banyak dan siapa-siapa yang memiliki sedikit. Dia yang memiliki kemampuan sedikit, tak perlu sedih karenanya, ataupun menjadi iri hati kepada mereka yang pandai. Arahkan pandangan matamu kepadaKu. Serahkan hidupmu di tanganKu, maka kamu akan mudah menghindari rasa iri hati serta sifat mudah mengeluh.


3. Adalah kasihKu kepadamu yang membuatKu memperlakukan kamu seperti yang Kuinginkan. Cobaan dan penderitaanmu sekarang ini adalah sebanyak kepuasan dan penghiburan yang Kukirimkan kepadamu nanti. Suatu hari nanti kamu akan menyadari mengapa Aku memberikan karunia yang tidak sama kepada masing-masing orang. Kamu akan memuji dan berterima kasih atas kebijaksanaanKu yang kini masih membingungkan kamu.


4. Terlalu sering kamu hanya melihat kepada sebab-sebab alamiah atau manusiawi yang menimbulkan gangguan bagi dirimu. Lihatlah dibelakang semuanya tadi dan lihatlah tanganKu yang mengasihi yang sedang menuntunmu berjalan menuju kesempurnaan dan kemuliaanmu yang abadi. Didalam kesulitanmu serta kebutuhan-kebutuhanmu yang penting, Aku selalu menolongmu dan melindungimu dari segala gangguan. Tidak semua yang kau takuti itu jelek bagimu, atau semua yang kau inginkan itu baik bagimu. Carilah Aku diatas segalanya. Aku akan menuntunmu menuju kebahagiaanmu yang abadi di Surga.



Renungan :


Salah satu akibat dari persatuan sejati dengan Allah adalah bahwa hal itu membuat seseorang menjadi berpikir jernih dan secara benar. Ketika aku telah mendapatkan persatuan ini, aku akan menemukan alasan untuk memujiNya meskipun kehidupanku nampaknya gelap dan tak tertanggungkan. Dengan mengetahui bahwa kasih Allah mengatur setiap saat dari kehidupanku, maka aku akan berusaha menghormatiNya dalam segala hal. Apakah aku telah sukses atau gagal didalam rencana-rencanaku atau usahaku, apakah aku mengalami kebahagiaan atau kesedihan, satu-satunya harapanku ialah menyenangkan dan menghormatiNya dalam setiap pikiranku, kata-kataku dan perbuatanku.



Doa :


Tuhan dan Allahku yang mengasihi, Engkau telah mengatur kehidupanku dengan kekuasaan yang amat bijaksana. Setiap saat Engkau memelihara aku. Jika aku ini satu-satunya orang di dunia ini, maka Engkau tak bisa memberiku perhatian yang besar, tak perlu kasih yang lebih besar dari pada yang Kau berikan kepadaku saat ini. Aku tak perlu melihat kepada orang lain, menghina mereka lebih rendah dari padaku, atau merasa iri hati kepada mereka yang melebihi aku. Aku hanya butuh memaku pandanganku kepadaMu dan membiarkan Engkau mengatur hidupku. Ketika aku bertatap muka denganMu, seperti yang kuharapkan suatu hari nanti di Surga, aku akan tahu betapa bijaksana dan kasihnya Engkau didalam memelihara diriku. Lalu aku akan mengerti betapa layaknya Engkau menerima kepercayaan dan kesetiaan yang sempurna dariku. Lalu aku akan berharap bahwa aku akan menghabiskan waktuku di dunia ini untuk memuji dan berterima kasih kepadaMu didalam segala kegiatanku. Akhirnya aku akan menyadari betapa amat tergantungnya diriku kepadaMu untuk segala hal, dan betapa tanpa daya diriku ini jika tanpa berkat dariMu. Jangan biarkan aku menunggu-nunggu lagi, bilamana kebenaran itu masih gampang diakui. Berilah aku berkat untuk melakukan hal itu sekarang. Amin.