Wednesday, August 5, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.2, Bab 9)


B. Cara Untuk Maju Dalam Ajaran Kristus


BAB 9


Bacaan Rohani


Kristus :

AnakKu, membaca dan merenung amat berperanan besar didalam kemajuan rohanimu. Ajaran-ajaranKu dijelaskan didalam banyak buku, ditulis dengan bimbingan dan pengawasan GerejaKu. Beberapa dari buku ini ditulis dengan sederhana, dan beberapa yang lain amat mendalam dan sulit dimengerti. Pilihlah buku yang bisa menolongmu kepada pengertian dan penghargaan akan KebenaranKu. Janganlah kamu membaca hanya agar dikagumi orang lain, tetapi hendaknya lebih untuk kebaikan dirimu sendiri. Bacalah agar kamu bisa belajar tentang jalan pikiranKu dan bagaimana memperlakukan barang-barang disekitarmu.

2. Bacalah Kitab Suci, tetapi pastikanlah bahwa buku itu disahkan oleh GerejaKu. Aku memberikan inspirasi kepada para pengarang buku ini, namun Aku tidak memberikan inspirasi itu kepada orang-orang yang kemudian menerjemahkannya. GerejaKu memiliki kemampuan untuk melihat adanya kesalahan dan ketidak-tepatan yang menyangkut KebenaranKu.

3. Aku berjanji untuk mendampingi GerejaKu sampai akhir jaman. Aku mengatakan bahwa pintu neraka tak akan mampu mengalahkan GerejaKu dan mereka yang percaya kepadanya akan diselamatkan. Aku tidak pernah berkata bahwa Kitab Suci saja yang menuntun seseorang menuju hidup abadi. Kenyataannya, melalui MuridKu Petrus, Aku memperingatkan semua orang bahwa Kitab Suci tidaklah selalu mudah untuk dimengerti; maupun semua orang mampu menemukan keselamatan didalamnya. Kamu bisa melihat buktinya melalui banyaknya opini dan kepercayaan yang memisahkan begitu banyak sekte satu sama lain. Jika Aku setuju dengan mereka semua, berarti Aku bertentangan dengan DiriKu sendiri berkali-kali.

4. Ikutilah terang yang Kutinggalkan dibelakangKu, yaitu GerejaKu. Siapa yang mendengar GerejaKu, mendengar Aku. Belajarlah tentang kebenaran yang dipelihara oleh GerejaKu. KebenaranKu akan menjadi terang bagimu pada saat-saat keraguan dan kecemasan. Ia akan memberimu sebuah cermin ajaib kehidupan, untuk menolongmu melihat dimana dosa bisa bersembunyi dan dimana kebajikan sejati berada.


Renungan :

Kegiatan membaca bisa memberiku banyak pikiran. Ia membantuku untuk mengerti lebih baik apa yang telah kupercayai sebelumnya. Ia membuatku memiliki wawasan yang segar dan tidak membingungkan atas kehidupan ini. Ia juga membuat semangatku tetap hidup. Seseorang yang tidak mau membaca, adalah seperti orang yang berusaha hidup hanya dengan makanan dan sinar matahari sedikit saja. Kehidupan rohaninya akan menjadi kerdil dan kurang darah. Dia akan mati jika ada cobaan yang besar. Diriku bisa dengan aman membaca hanya jika aku mengikuti tuntunan Gereja Kristus. Dia telah memberi GerejaNya kekuatan dan kewenangan untuk mengarahkan aku dalam segala urusan iman dan moral. Aku ingin membaca, merenungkan dan berdoa setiap hari agar aku bisa mengikuti Allahku dengan lebih cerdik lagi setiap hari.


Doa :

Penyelamatku, biarlah diriku tidak menjadi seperti mesin mekanis saja dalam kehidupan rohaniku. Melalui GerejaMu, Engkau telah memberiku begitu banyak. Melalui GerejaMu aku bisa menjalani kehidupan yang lebih kaya. Berilah aku kebijaksanaan untuk membaca dan merenungkan ajaran-ajaranMu yang bijaksana itu. Berkatilah aku dengan keinginan yang besar akan kebenaran suciMu, dan sebuah kebahagiaan adikodrati didalam mempelajari harta kehidupan yang paling penting ini. Aku ingin memiliki wawasanMu dan cara berpikirMu atas peristiwa kehidupan sehari-hari. Aku berharap untuk bisa lebih memahami Engkau dengan banyak membaca buku-buku rohani. Amin.