Monday, August 3, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.2, Bab 7)


BAB 7


Panggilan Kristus Untuk Bertindak


Kristus :

AnakKu, jangan terlalu percaya pada omongan indah serta bijaksana dari manusia. UkuranKu bukanlah dari kata-kata, tetapi dari perbuatan. Ajaran-ajaranKu bertujuan untuk mempengaruhi keinginanmu. Jika kamu menjalankannya dalam hidupmu, maka kamu telah membuktikan kasihmu kepadaKu. Hanya perbuatan yang bisa memuaskan hatiKu. Kata-kata yang paling indah tak ada separuh indahnya kehidupan orang-orang yang mengikuti ajaran-ajaranKu dalam hidupnya.

2. Jangan sampai kamu membaca atau belajar sesuatu yang hanya bertujuan agar nampak bijaksana. Lakukan hal itu hanya untuk memperbaiki kehidupanmu. Beberapa orang ada yang belajar hanya agar mengherankan orang lain. Pengetahuan mereka sia-sia saja karena tak bisa membuat mereka menjadi lebih baik. Seperti sebuah pohon yang baik dikenal dari buahnya, bagitu juga orang yang baik dikenal dari kebaikan pikirannya, kata-katanya dan perbuatannya.

3. Meskipun Aku senang dengan pikiran-pikiran yang baik, Aku hanya yakin oleh perbuatan. Berapa besarnya kamu berusaha mengikuti keinginan-keinginan baikmu ? Seperti itulah besarnya perhatianmu kepadaKu. Jangan lupa akan sabdaKu :"Jika kamu mengasihi Aku, kamu akan melaksanakan perintah-perintahKu. Bukannya dia yang mengatakan 'Allah ! Allah !' yang akan masuk Kerajaan Surga, melainkan dia yang melaksanakan Kehendak BapaKu, yang akan masuk Kerajaan Surga".

4. Belajarlah tentang Aku, maka kamu akan memiliki pengetahuan yang terbaik. Ikutilah pengetahuan itu dalam hidupmu, maka kamu akan memiliki kehidupan yang menakjubkan. Kamu akan dihargai dan dipuji oleh para malaikat dan para kudus di Surga, dan olehKu, Raja Surgawi.

5. Ada banyak hal yang tidak penting di dunia ini. Ia hanya membuat pikiranmu menjadi kacau dan menghalangi kamu dalam mengikuti Aku dengan lebih baik. Buanglah semua itu dari hidupmu, agar kamu bisa memberiKu kesetiaan yang penuh dan kasih yang lebih sempurna lagi.


Renungan :

'Kata-kata' bertujuan untuk menunjukkan kebenaran, dan 'keinginan' menolongku untuk meraihnya, namun 'tindakan nyata' adalah bukti yang aling meyakinkan bahwa diriku benar-benar mengasihi kebenaran Allah. Aku harus lebih sederhana dalam mengikuti Kristus. Apa yang Dia katakan, seharusnya kuikuti dengan tulus. GerejaNya akan melindungi aku dari kecerobohan, tindakan yang berlebihan, dan kesalahan-kesalahan. Dalam mengikuti Kristus seharusnya aku tidak mencari perhatian atau kepuasan, namun hanya tindakan kesetiaan yang sederhana saja. Hanya dengan ini aku bisa menghindari penipuan diri dan sifat mencari kepentingan diri yang palsu dalam segala bentuknya.

Doa :


Allah dan Penyelamatku, jika aku tak mau mencariMu diatas segalanya, maka aku hanya layak menerima belas kasihan dan hukuman; belas kasihan atas kebodohanku, dan hukuman atas kesalahanku yang keras kepala ini. Tak bisa aku menemukan kebaikan yang lebih besar bagi diriku kecuali didalam Kehendak SuciMu. Tak bisa aku menemukan kesetiaan atas diriku yang lebih besar dari pada kesetiaan dari Hati KudusMu. Buatlah diriku semakin menjadi 'sedikit bicara banyak bekerja' dan semakin jauh dari orang yang 'sedikit bekerja banyak bicara'. Didalam melayani Engkau, aku tak akan lagi menipu diriku dalam hal kesetiaan kepadaMu. Engkau sendiri yang akan membimbingku melalui Gereja KudusMu dan menguatkan aku melalui Sakramen-sakramenMu. Aku berharap untuk merubah kehidupanku menjadi sebuah tindakan kasih yang besar kepadaMu. Amin.