Sunday, August 2, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.2, Bab 6)


BAB 6


Persiapan Bagi Pengikut Kristus Yang Sejati


Kristus :

AnakKu, jika kamu ingin menjadi pengikutKu yang sejati, kuasailah rasa cinta-dirimu yang buta itu. Banyak orang tak pernah merasakan persahabatan dan kasihKu karena mereka tak pernah benar-benar mendekati Aku. Mereka terlalu banyak menaruh perhatian kepada keinginan-keinginan alamiahnya dan selera-selera manusiawinya yang buta.

2. Sifat alamiahmu yang tak bernalar menginginkan lebih banyak dari pada yang kau perlukan. Untuk menjadi penguasa atas kehidupanmu, pisahkan dirimu dari segala keinginan-keinginan yang tidak perlu. Belajarlah untuk hidup dengan sarana yang seadanya, maka kamu akan memiliki waktu lebih banyak bagiKu.

3. Semakin kamu menyerah kepada keinginan-keinginan manusiawimu, semakin jauh kamu terpisah dariKu. Rahasia dari persatuan denganKu terletak pada pemisahan dirimu, hingga sejauh mungkin, dari kehidupan ini.

4. Palingkanlah wajahmu dari apapun yang bisa menjadi penghalang antara Aku denganmu. Tentu saja, kamu harus siap untuk meninggalkan seseorang atau barang yang tak bisa membuatmu menjadi orang yang lebih baik. Kehidupanmu di dunia ini amat pendek. Jangan menyia-nyiakan waktumu.

5. Jika kamu mau berusaha, Aku akan menolongmu untuk bisa naik diatas kegilaan dunia ini. RahmatKu akan memberimu kemampuan untuk menghargai kebesaranKu, kebaikanKu dan kasihKu. Ia juga akan mengisi hatimu dengan kasih yang lebih besar dan damai surgawi. Kamu akan belajar lebih menyukai KehendakKu dari pada keinginanmu, dan dunia tidak akan nampak amat penting lagi bagimu.


Renungan :

Pelajaran singkat ini berisi rahasia dari proses penyempurnaan dan damai yang besar. Jika aku tak memiliki damai Kristus, hal ini karena aku tidak mau mengikuti ajaranNya. Aku harus membiarkan sabdaNya membimbing diriku dalam kehidupanku. Suasana hatiku, perasaanku, dan keinginanku bisa bermanfaat bagiku hanya jika aku bisa mengontrolnya dan mengarahkannya sesuai dengan perintah Yesus. Mengapa aku menyia-nyiakan waktuku yang berharga ini untuk hal-hal yang tidak penting, hal-hal yang tak bisa membuat diriku menjadi baik ? Jika aku semakin sempurna, aku akan bisa melihat adanya kebodohan dari banyak hal yang kini masih mampu mengombang-ambingkan dan menarik diriku.


Doa :

Yesusku, Terang Dunia, jadilah terang bagi jiwaku, agar aku tidak lagi berkelana di kegelapan keinginan duniawi dan penipuan diri yang buta. Biarlah aku menjadi cukup berani meninggalkan seseorang atau barang yang bisa menjauhkan aku dariMu. Aku ingin melihat kepada KehendakMu sebelum mengikuti keinginan alamiahku. Engkau tahu apa yang baik bagiku. Aku ingin mengikuti kebijaksanaanMu dalam setiap tindakanku sepanjang hari. Aku memohon kekuatan dariMu untuk mengikuti KehendakMu saja jika ada sesuatu yang menuntunku kepada apa yang tidak kusukai atau kutakuti. Oh Yesus, jadilah terang dan kekuatanku. Amin.