Tuesday, August 11, 2009

MAKANANKU SEHARI-HARI (Bk.2, Bab 15)


BAB 15


Gangguan Dari Orang Lain


Kristus

AnakKu, apa sih artinya seseorang hingga kamu takut dihina atau diejek ? Hari ini mungkin dia nampak kuat dan bertenaga, namun besok dia sudah dibungkus kain kafan. Takutlah hanya kepada dosa, dan berdirilah disampingKu. Perkataan orang lain, bahkan yang melukai kamu sekalipun, tidaklah sehebat yang nampak dari luar. Para martirKu, yang kini bersinar dalam kemuliaan surgawi, bisa berkata kepadamu betapa benarnya hal ini.

2. Kritik yang begitu kasar dan para penuntut, ternyata telah melukai diri mereka sendiri lebih besar dari pada kurbannya. Mereka tidak akan lolos dari pengadilanKu. Aku akan memperhitungkan mereka seperti halnya mereka memperhitungkan orang lain. Jangan membalas mereka dengan kata-kata atau perbuatan. Serahkan mereka kepadaKu, tanpa kamu mengharapkan yang jelek atas mereka.

3. Jika kritik dan tuduhan orang lain sampai membingungkan dan mencemaskan kamu, berpalinglah kepadaKu dan biarlah Aku menguatkan kamu dengan kesabaran. Aku akan menyembuhkan kamu didalam kebingungan dan sakitmu.

4. Ingatlah bahwa penderitaanmu itu haruslah kau persembahkan kepadaKu sebagai tanda penebusan atas dosa-dosamu terhadapKu. Pemikiran ini akan membuatmu lebih siap untuk direndahkan dan diabaikan orang lain. Kamu akan menemukan kekuatan untuk menanggung cobaanmu itu dengan damai.

5. Untuk beberapa saat, adalah baik bagimu untuk mengalami penentangan dan perlu adanya orang-orang yang berpikir negatip tentang dirimu dan meremehkan kamu, meskipun kamu tidak seperti itu. Hal ini akan menjadi sarana berharga untuk memperoleh kerendahan hati dan kesabaran. Lalu kamu akan memintaKu untuk menilai dirimu sementara kamu menyadari betapa salahnya penilaian orang lain dan persahabatan mereka.


Renungan :

Selama aku hidup diantara orang lain, aku mesti menerima salah pengertian, perbedaan pendapat, kritikan bahkan niatan buruk dari orang lain. Bermacam-macam orang akan bersikap beracam-macam pula terhadapku. Aku cenderung memperlakukan orang lain seperti yang mereka perlakukan terhadapku. Jika aku bertindak seperti ini, maka diriku salah. Yesus ingin agar aku memperlakukan semua orang dengan baik, sabar dan tidak cinta-diri, demi kepentinganNya. Dia ingin agar aku tidak melihat mereka, tetapi melihat Dia saja. Pada hari Penghakiman Akhir nanti Dia akan berkata :"Kamu telah melakukan hal itu kepadaKu". Orang mungkin mengira aku bodoh karena tidak membalas mata ganti mata, gigi ganti gigi, namun Yesus ingin agar aku mengampuni dan berdoa bagi mereka yang melukai aku. Jika diriku sukar melakukan hal ini, aku hanya perlu berpikir apa yang telah Dia lakukan dalam mengampuni dosa-dosaku dan mengajakku menuju Surga.


Doa :

Penyelamatku yang mengasihi dan maha bijaksana, Engkau merendahkan DiriMu hingga ke tanah untuk menebus dosa-dosaku. Engkau bahkan memohon kepada BapaMu agar mengampuni aku ketika Engkau menderita tergantung di kayu salib. Apakah aku lebih besar dari padaMu sehingga aku sampai menaruh dendam terhadap orang yang bersikap jelek terhadapku ? Didalam menebus dosa-dosaku, Engkau telah memanggul banyak cobaan-cobaan manusia dimana aku menaruh dendam pada mereka. Akankah aku menolak untuk menjadi seperti Engkau melalui ketidak-sabaranku atau kesalahan orang-orang disekitarku ? Tambahan lagi, aku sepatutnya tidak melupakan dosa-dosaku. Aku bisa mempersembahkan cobaa-cobaan ini demi penebusan atas sifat cinta-diriku yang telah kuperlihatkan kepadaMu melalui dosa-dosa dan ketidak-sempurnaanku. Berkatilah aku dengan kebijaksanaan untuk bisa melihat kebenaran ini, dan berilah aku kasih untuk mengikutinya. Aku tak akan takut dengan perkataan atau penilaian orang lain, tetapi takut dengan kesombongan dan rasa cinta-diriku. Amin.