Friday, November 6, 2009




P E N U T U P

Adalah sebuah fakta yang cukup dikenal, dan sekaligus menyedihkan, bahwa ada banyak orang saat ini, terutama kaum muda, meninggalkan Gereja karena menurut mereka, Gereja tak bisa memberikan apa-apa lagi pada mereka. Beberapa orang bahkan ada yang menoleh kepada kelompok dan cara-cara lain yang bisa memberikan kepuasan pada mereka, apakah itu obat bius, sekte-sekte tertentu, ataupun sebuah pemujaan modern lainnya, apakah itu berasal dari dunia timur, ataupun sebuah regenerasi dari kelompok penyembah berhala jaman dulu; sesuatu yang bersifat okultisme atau esoteris; sepanjang hal itu menakjubkan mereka, maka tidaklah penting asal-usul dari kegiatan itu.

Bagaimana kita bisa menjelaskan seluruh kecenderungan ini ?

Ada beberapa alasan dimana kita tidak bisa, atau tidak ingin, menguraikannya disini. Tetapi salah satunya, dan tidak kurang pentingnya, yaitu adanya sesuatu yang melarang dan meremehkan, sering didalam Gereja, yang seharusnya mendukung seseorang untuk mencari sesuatu yang lebih tinggi. Dan menyedihkan lagi, hal itu juga tak ditemukan didalam pelatihan-pelatihan teologis dan karena itu juga didalam karya-karya keuskupan. Seorang awam yang terdidik dan telah bertobat akan memalukan jika sampai dia berkata :"Masalah yang paling dicari didalam teologi seharusnya adalah mistik, ajaran-ajaran adikodrati dari Gereja. Namun ternyata hal itu cuma menjadi permainan anak kecil !".

Karena itu, bagi jiwa-jiwa yang taat, hal itu bukanlah masalah kecil, untuk mengembalikan masalah terlupakan ini menuju ketempatnya yang benar dan menjaganya tetap disana. Ia menyangkut sebuah pertanyaan atas masa depan umat manusia ! Kita harus kembali dari jalan yang palsu menuju misteri kemuliaan Allah, menuju jalan yang benar yang dilalui oleh para kudus dari segala jaman sebelum kita, dan dibelakang Kristus, yaitu Dia yang bukan saja menjadi manusia, tetapi juga Dia yang adalah Allah; jalan yang benar yang menuju kepada IbuNya yang kudus, Maria, yang selama ini tidak kita kenal sebagaimana layaknya, dan yang menunjukkan jalan kepada kita menuju Yesus Kristus !

Sangat penting sekali di jaman kita ini, dimana Allah mengutus IbuNya kepada kita sebagai contoh dari segala macam keajaiban, bunga yang harum, bunga mawar yang gaib, dan Dia juga digambarkan dengan begitu cantiknya didalam buku istimewa oleh Maria dari Agreda; Dia terus menunjukkan DiriNya di jaman kita ini dengan berbagai macam cara dan sarana. Sudah selayaknya jika kita memenuhi pikiran kita dengan Bunda Maria.