Saturday, November 14, 2009




HARI KE ENAM

Ingatlah bahwa :

Bersama-sama dengan Bruder Klaus dan Karmelit besar St.Yohanes dari Salib, Theresa yang Agung, dan si kecil Theresa, kini kami berada di jalan devosi kami kepada Maria, Rosa Mystica, bunga mawar yang gaib, dan kami boleh menirukan ucapan St. Louis de Montfort :"Jalan tercepat dan termudah menuju hidup mistik adalah Maria, Bunga Mawar Yang Gaib"'

Pada saat yang sama kita harus berusaha mencegah diri kita agar tidak terjatuh kedalam kesalahan-pengertian yang begitu luas, yang percaya bahwa sekian kali mendaraskan doa rosario dan digabung dengan sekian kali berziarah dan devosi, merupakan sebuah 'karcis masuk ke Surga', hal ini adalah menipu diri sendiri. St.Louis de Montfort sangat sadar bagaimana membedakan antara devosi kepada Maria yang palsu dan yang sejati, dan bukan sekedar tata cara mistik saja. Dia menyebutkan banyak deretan cara-cara yang salah dalam berdevosi kepada Maria, misalnya, cara yang penuh kecemasan, cara yang tidak tetap, cara yang hanya kulitnya saja, cara yang disertai rasa cinta-diri (betapa banyaknya intensi yang dibebani oleh rasa cinta-diri) dan sebaginya.

Devosi kepada Maria hendaknya dilakukan dengan tulus, membutuhkan persiapan dan kerja sama batin, devosi yang bukan sekedar mendaraskan sekian kali doa-doa yang indah serta segala macam devosi lainnya. Devosi kepada Maria hendaklah bertujuan untuk menyerap semangat Maria, melakukan segala hal bersama Maria, didalam Maria dan demi Maria. Devosi kepada Maria hendaknya disertai pertanyaan : Apa yang diinginkan Maria atas diriku ? Apa yang akan Dia lakukan atas diriku ? Bagaimana aku bisa menyenangkan Dia ? Apa yang tidak Dia senangi dari diriku ? Jika manusia benar-benar siap untuk dibimbing oleh Maria, betapa besarnya perubahan yang akan terjadi di dunia ini, didalam kehidupan pribadi manusia, keluarga, masyarakat dan didalam suatu bangsa.

Marilah berdoa :

Maria, Rosa Mystica, tolonglah aku untuk lebih mengenal Engkau, tuntunlah dan bimbinglah kami agar kami bisa menemukan jalan menuju mistikMu. Amin.

Salam Maria............. 3 x