Monday, August 24, 2009

Makananku Sehari-hari (Bk 2, Bab 28)





BAB 28


Pengaruh Kemurahan Hati Dalam Kehidupan


Kristus :

AnakKu, jika kemurahan hati yang sejati memenuhi jiwamu, ia akan membawa pengaruh besar dalam kehidupanmu. Pengaruh ini disebabkan karena kemurahan hati itu selalu mencari Aku dalam segala hal yang ada atau terjadi. Dalam keinginannya untuk bersatu lebih erat lagi denganKu, orang yang bermurah hati selalu berusaha untuk lebih mirip denganKu dalam hidupnya.

2. Karena kasih selalu ingin mewujudkan dirinya dalam bentuk kurban pribadi, maka orang yang bermurah hati akan berusaha menawarkan perhatian dan pertolongan kepada sesamanya demi kepentinganKu. Dengan memperhatikan sabdaKu, "Kamu melakukannya kepadaKu", maka dia akan berusaha melayani Aku melalui orang-orang yang membutuhkan pertolongannya.

3. Orang yang bermurah hati itu sabar dalam banyak kesempatan yang justru membuat orang lain bisa marah atau merasa ngeri. Dia tidak mau marah karena betul-betul sadar akan kesabaranKu yang besar kepadanya dan kepada semua pendosa. Didalam kasihnya kepadaKu, dia lebih suka mencerminkan kesabaran dan kerendahan hatiKu, dari pada berbuat marah atau membalas dendam. Jika terpaksa dia harus membela diri, dia melakukannya tanpa kekerasan atau sikap keji.

4. Kelembutannya mampu menimbulkan kepercayaan dan keberanian bagi mereka yang takut atau patah semangat. Orang lain tidak akan ragu meminta bantuannya karena mereka tahu bahwa dia pasti tidak akan menolak.

5. Orang yang bermurah hati tak pernah iri hati kepada mereka yang memiliki banyak harta, bakat atau keberhasilan lainnya. Dia sudah merasa puas dengan memiliki kasihKu dan menerima KehendakKu dalam segala hal.

6. Dalam berhubungan dengan orang lain, dia jujur dan berwawasan luas, karena dia tidak memiliki ambisi keuntungan pribadi. Kasihnya kepadaKu telah membebaskan dia dari segala ambisi yang tak bernalar dan dari keinginan sia-sia untuk kelihatan lebih baik dari pada orang lain.

7. Orang yang hatinya dipenuhi oleh kemurahan yang sejati menolak mengadili orang lain secara tergesa-gesa. Dia lebih suka mempercayai kebaikan orang lain dari pada kejelekannya. Jika orang lain memperlakukan dia dengan tidak baik, orang yang bermurah hati lebih prihatin atas terjadinya penentangan terhadapKu dari pada perlakuan jelek yang diterimanya.

8. Kebajikan kemurahan hati yang suci ini membuat seseorang menjadi begitu tulus hati sehingga dia mau mengakui kebenaran yang ada, meskipun hal itu membuka kekurangan dan keterbatasan dirinya. Kemurahan hati yang sejati membuat seseorang menjadi rendah hati untuk menghadapi segala kenyataan, meskipun tidak menyenangkan dirinya.

9. Ini semua adalah beberapa akibat yang timbul dari sifat kemurahan hati yang sejati. Jika kebajikan ilahi ini dikembangkan, ia bisa melahirkan banyak kebajikan lain yang diperlukan dalam kehidupan. Jalan kemurahan hati merupakan jalan terpendek menuju kesempurnaan Kristiani. Jika kamu berusaha mengembangkan kebajikan mulia ini dalam hidupmu, kamu akan merasa pasti bahwa dirimu sedang berjalan menuju kehidupan abadi disetiap saat dari kehidupanmu.


Renungan :

Manusia yang bermurah hati merupakan pencerminan yang paling sempurna dari Allah di dunia ini. Jika dia ada, maka orang-orang disekitarnya merasakan suatu kesadaran akan kehadiran Allah. Kasihnya kepada Allah melimpah ruah dalam jiwanya dan menyentuh hati semua orang disekitarnya. Menjadi bermurah hati berarti menjadi seorang kudus. Inilah jawaban atas mimpi-mimpi keberhasilan diriku. Aku bisa menjadi seorang yang berhasil selamanya. Melalui sikap kemurahan hati yang tidak cinta-diri, aku bisa lebih dekat dengan Allah dalam kehidupanku, dan akupun bisa membawa orang lain semakin dekat pula kepadaNya. Aku bisa memperoleh kemuliaan abadi dengan cara membantu orang lain memperoleh Surga. Melalui kemurahan hati, aku bisa berbuat yang terbaik bagi Allah, bagi sesama dan juga bagi diriku sendiri.


Doa :

Allahku yang terkasih, Engkau selalu membantuku dan membantu segala ciptaan yang ada. Setiap saat dari keberadaan adalah merupakan pemberian dariMu. Aku bisa naik menuju kemuliaanku yang tertinggi dengan cara meniru Engkau. Semakin aku menyerahkan diriku demi kepentinganMu, semakin aku menyerupai Engkau. Bukti kasihku yang terbesar kepadaMu adalah berupa usaha menjadi lebih menyerupai Engkau, karena inilah yang menjadi keinginanMu yang terbesar bagiku. Berilah aku rahmat untuk menghormati Engkau dimasa datang sesering aku menghargai diriku dimasa lalu. Ambillah rasa egoku yang ada dalam pikiranku, keinginanku dan tindakanku. Aku hanya mohon agar diriku tidak terlalu tergesa-gesa mengikuti keinginanku, termasuk didalam usahaku untuk membuktikan kasihku kepadaMu. Semakin tinggi aku menuju, semakin aku harus lebih percaya kepada penasihat rohaniku. Jika tidak demikian, setan akan berhasil menarikku menjauhi Engkau melalui beberapa tindakan berlebihan. Tuhan, buatlah aku rela untuk berusaha dan cukup rendah hati untuk mengikuti arah yang benar, dalam usaha yang tulus setiap hari, untuk menyerahkan diriku sepenuhnya kepadaMu. Amin.