Wednesday, March 24, 2010

Komuni rohani – menerima Kristus kedalam hati kita




Gereja Katolik mendorong umatnya untuk sering, kalau mungkin tiap hari, untuk menerima Komuni Kudus. Saat ini kita bisa menerima Komuni Kudus setiap hari pada Misa harian. (Beberapa paroki ada yang membagikan Komuni Kudus, sesudah dan sebelum Misa, kepada umat yang karena alasan tertentu tak bisa mengikuti Misa Kudus).

Jika kita tak bisa mengikuti misa harian, kita masih bisa menerima komuni rohani, dimana kita menyatakan iman kita kepada Kristus dan akan kehadiranNya didalam Ekaristi, dan kiita mohon kepadaNya untuk menyatukan DiriNya dengan kita. Text berikut ini sering digunakan untuk menerima komuni rohani. Anda bisa menggunakannya sebagai pedoman dan menerima komuni rohani dengan kalimat anda sendiri.

Doa didalam Komuni rohani :

Yesus, aku percaya kepadaMu bahwa Engkau hadir didalam Sakramen Yang Maha Kudus.

Aku sungguh mengasihi Engkau diatas segalanya dan aku ingin menerima Engkau kedalam jiwaku.

Karena saat ini aku tak bisa menerimaMu secara sakramental, maka paling tidak, sudilah Engkau datang secara spirituil kedalam hatiku. Aku akan memelukMu seolah Engkau ada disini dan aku menyatukan diriku sepenuhnya kepadaMu. Jangan biarkan aku sampai terpisah dariMu. Amin.