Tuesday, December 8, 2009

Roh Kudus




Dalam segala hal marilah kita selalu meminta bantuan dan pertolongan dari Roh Kudus. Dia selalu hadir bagi kita, siap menolong kita. Inilah salah satu dari sekian banyak kekayaan Gereja Katolik.

Beberapa rujukan dari Kitab Suci mengenai curahan Roh Kudus

Yesaya 44:3

Sebab Aku akan mencurahkan air keatas tanah yang haus, dan hujan lebat keatas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan RohKu keatas keturunanmu dan berkatKu keatas anak cucumu.

Yehezkiel 36:25-27

25 : Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu. Aku akan mentahirkan kamu.

26 : Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru didalam batinmu, dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

27 : RohKu akan Kuberikan diam didalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya.

Yoel 2:28

Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan RohKu keatas semua manusia, melalui anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Mark. 16:17-20

17 : Tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya : mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbahasa dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka;

18 : mereka akan memegang ular dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.

19 : Setelah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke Surga, lalu duduk disebelah kanan Allah.

20 : Merekapun pergilah memberitakan Injil kesegala penjuru; dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Yoh. 14:17

Yaitu Roh Kebenaran. Dunia tak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam didalam kamu.

Kis. 1:8

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun keatas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan diseluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Roma 12 : 4-21

4 : Sebab sama seperti pada satu tubuh, kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama;

5 : demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh didalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

6 : Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita : Jika karunia itu adalah untuk bernubuat, baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.

7 : Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;

8 : jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.

9 : Hendaklah kasih itu jangan pura-pura. Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

10 : Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

11 : Janganlah hendkanya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

12 : Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa.

13 : Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan.

14 : Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk.

15 : Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita dan menangislah dengan orang yang menangis.

16 : Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai.

17 : Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang.

18 : Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang.

19 : Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hakKu. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

20 : Tetapi jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum. Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api diatas kepalanya.

21 : Janganalah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan.

1 Kor. 12 : 7-12

7 : Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama;

8 : sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.

9 : Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.

10 : Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.

11 : Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakiNya.

12 : Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

Efesus 4 : 10-13

10 : Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.

11 : Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar.

12 : Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

13 : sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan yang penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.

1 Tim. 4 : 14

Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.